Berita Jepang | Japanesestation.com

Gakujō, penyedia layanan informasi pekerjaan, mengadakan survei untuk menentukan peringkat 10 perusahaan yang paling diincar oleh mahasiswa yang diharapkan akan lulus pada tahun 2022.


Dari hasil survei tersebut, peringkat teratas diduduki oleh perusahaan Itōchū. Perusahaan perdagangan ini telah menduduki peringkat teratas selama tiga tahun berturut-turut. Perusahaan seperti Ajinomoto dan Asahi Soft Drink kini menjadi incaran baru mahasiswa Jepang selama pandemi COVID-19 karena memproduksi barang-barang yang dapat dikonsumsi di rumah.

Perbandingan Hasil Survei Tahun 2021 Dengan Tahun 2013

Mahasiswa
Hasil survei 10 perusahaan yang paling diincar mahasiswa Jepang tahun 2021 dan 2013 (nippon.com)

Pada survei tahun 2013, tiga mega bank Jepang masuk ke dalam Top 10 sebagai perusahaan yang paling diincar oleh mahasiswa Jepang tingkat akhir. Bank Tokyo-Mitsubishi UFJ (sekarang MUFG Bank) menduduki peringkat kedua pada tahun tersebut. Pada survei tahun 2017, ketiga bank tersebut masih masuk ke dalam Top 10. Namun, setelah tahun 2017 ketiga bank tersebut tidak lagi masuk ke dalam peringkat 10 perusahaan yang paling diincar oleh mahasiswa Jepang tingkat akhir.

Huawei MatePad Pro


Para mahasiswa yang lulus di antara tahun 2016 hingga 2019, memilih All Nippon Airways sebagai perusahaan terpopuler selama 4 tahun berturut-turut. Japan Airlines juga masuk ke dalam Top 10 bersama dengan JTB, Oriental Land dan HIS. Ini menunjukkan bahwa bisnis yang berhubungan dengan perjalanan dan liburan juga populer di kalangan mahasiswa.

Hasil Survei Tahun 2021 Berdasarkan Gender

Mahasiswa
Hasil survei 10 perusahaan yang paling diincar mahasiswa Jepang tahun 2021 berdasarkan gender (nippon.com)

Selama 10 tahun terakhir ini, hanya terdapat dua perusahaan yang selalu masuk Top 10 sebagai perusahaan yang paling diincar oleh mahasiswa Jepang tingkat akhir, yaitu Itōchū dan JTB.