Berita Jepang | Japanesestation.com

Pekerjaan di Jepang dikenal memiliki aturan yang ketat dan disiplin, bahkan ada yang mengharuskan pekerjanya tetap masuk walaupun sedang sakit. Selain ada banyak perusahaan yang kurang peduli pada kesehatan fisik pekerjanya, sepertinya peruhasaan juga cenderung kurang terbuka dengan karyawan yang menjalani terapi akibat stress atau depresi.

Tapi lain ceritanya di Hiroro, sebuah perusahaan kreatif yang berbasis di Tokyo yang bergerak di bidang video musik dan iklan di TV.  Pendiri dan presiden Hiroro, Shizen Tsurumi sepenuhnya menerima gagasan bahwa kondisi mental dan emosional pekerja sama pentingnya dengan kesehatan fisik mereka. Ia baru-baru ini mengumumkan kebijakan perusahaan baru yang memungkinkan karyawan untuk mengambil cuti jika penyanyi idola favorit mereka pensiun, sehingga mereka bisa menenangkan perasaan sejenak.

Kebijakan baru ini disebut Sistem Liburan Oshi(idola/artis favorit). Sistem ini memungkinkan karyawan mengambil cuti hingga 10 hari jika oshi nomor satu mereka pensiun, dan 3 hari libur untuk oshi kedua atau peringkat lebih rendah. Sementara itu, jika oshi nomor satu menikah, karyawan juga berhak mendapatkan cuti duka selama 10 hari. Ngomong-ngomong, itu semua adalah cuti berbayar, dan karyawan diizinkan untuk membaginya menjadi beberapa bagian jika mau, seperti mengambil beberapa hari libur ketika oshi mengumumkan bahwa ia bertunangan, dan kemudian sisanya ketika upacara pernikahan yang sebenarnya berlangsung.

Pasangan yang baru menikah
Ilustrasi Pernikahan di Jepang(realestate-tokyo.com)

Tsurumi mengatakan ia terinspirasi untuk menetapkan Sistem Liburan Oshi karena dua peristiwa. Yang pertama, ia melihat seorang karyawan yang merupakan penggemar Nana Mizuki, kehilangan fokus pada musim panas lalu akibat penyanyi sekaligus pengisi suara favoritnya mengumumkan pernikahan. Baru-baru ini Tsurumi memperhatikan karyawan lain yang merasa sedih karena oshi-nya segera pensiun, kemudian ia berkata kepada karyawan tersebut untuk mengambil cuti jika perlu. Tsurumi lalu memutuskan untuk membuat kebijakan baru yang diresmikan perusahaan.

nana mizuki seiyuu
Nana Mizuki (barks.jp)

Tidak hanya untuk saat-saat sedih, sistem ini  juga memudahkan karyawan meminta cuti atau meninggalkan kantor lebih awal ketika oshi mereka mengadakan konser, meet and greet, bahkan "konser kejutan" yang diumumkan secara mendadak.

Bagi mereka yang berada di luar fandom idol, kebijakan ini mungkin tampak berlebihan.  Tetapi bagi Hiroro, perusahaan yang memiliki nilai dan keyakinan bahwa "Tidak ada yang dapat memotivasi seseorang untuk bekerja lebih keras lagi daripada perasaan terhadap orang dan hal-hal yang mereka sukai," Sistem Liburan Oshi bertujuan untuk menjaga karyawan agar tetap produktif dan bahagia.