Share on

Apa pendapat kalian tentang kecantikan para wanita di Jepang? Standar kecantikan wanita Jepang dan negara lain pastinya berbeda. Di Jepang sendiri, wanita yang memiliki kulit berwarna putih pucat, tubuh langsing, dan memiliki gigi yaeba dianggap ideal. Gigi yaeba menjadi salah satu kelebihan yang mampu memunculkan kesan positif dan imut atau membuat senyuman seorang gadis seperti mengeluarkan aura yang sangat manis, berbeda dengan di beberapa negara lain yang justru menangaggap bahwa gigi gingsul membawa kesan yang jahat.

Advertise With Us

Berikut adalah beberapa standar kecantikan wanita Jepang yang paling umum:

1. Wajah Pucat

Ada istilah bihaku (putih yang indah) untuk menggambarkan produk kosmetik yang mampu menghasilkan warna kulit pucat ideal di Jepang. Maka jangan heran, kalian sering melihat produk kecantikan seperti body cream, masker wajah, tabir surya, dll, bukan hanya untuk wanita tapi beberapa tahun terakhir ini juga dijual untuk pria. Warna kulit seperti aktris Kasumi Arimura menjadi idaman wanita-wanita di Jepang.

2. Memiliki Wajah Kecil

Ketika seseorang di Jepang mengatakan bahwa kalian memiliki wajah yang mungil, jangan khawatir ini merupakan suatu pujian karena memiliki wajah atau kepala kecil dibandingkan dengan tubuh dianggap cantik di Jepang. Meski mungkin terdengar aneh memiliki figur yang baik atau tidak, sering dilihat berdasarkan proporsi wajah dengan bentuk tubuh.

Mata yang besar

Blepharoplasty, atau operasi kelopak mata ganda adalah operasi yang umum dilakukan di Jepang untuk mengubah bentuk kelopak mata menjadi ganda. Jika kalian mengambil gambar purikura, mesin foto di Jepang akan sering memberi pilihan seberapa besar kalian ingin memperbesar mata. Memiliki mata besar seperti karakter-karakter dalam anime telah menjadi tren yang terus berlanjut hingga saat ini.

Yaeba

Yaeba atau gigi gingsul menggambarkan bentuk gigi yang sedikit bengkok dengan bentuk seperti taring. Ini merupakan salah satu tren kecantikan yang sering dianggap aneh oleh negara-negara lain di seluruh dunia, namun masih dianggap imut di Jepang. Beberapa selebriti seperti mantan anggota AKB48 Tomomi Itano, Kanako Momota, dan Erika Sawajiri dianggap memiliki senyuman sempurna yang diidam-idamkan oleh banyak wanita Jepang.

Tubuh Langsing

Tubuh ramping sering dianggap cantik di Jepang, mereka yang memiliki tubuh seperti Kiko Mizuhara cenderung lebih cocok saat mengenakan pakaian tradisional Jepang seperti kimono dan juga yukata.

Karena adanya budaya kawaii atau imut yang kuat di Jepang, maka kecantikan yang ideal sering diartikan sebagai hal yang imut dan lucu, bukan dilihat dari seberapa seksi wanita tersebut.