Share on

Berpikir untuk tinggal di Tokyo? Tinggal di kota terbesar di dunia adalah sesuatu yang banyak orang impikan. Tetapi kehidupan di ibukota Jepang sangat berbeda dari sekedar traveling. Ada banyak faktor yang harus kamu perhitungkan ketika memilih tempat tinggal, dan ada begitu banyak area berbeda untuk dipilih, setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda. Semuanya tergantung pada apa yang kamu cari di Tokyo. Berikut ini adalah 10 area atau daerah terbaik dan paling populer di dalam dan sekitar Tokyo untuk dijadikan tempat tinggal.

Advertise With Us

1. Yokohama

Yokohama sebenarnya tidak berada di Tokyo, tetapi kota ini selalu muncul dalam daftar tempat tinggal terbaik seperti ini. Yokohama adalah daerah yang populer untuk ditinggali karena berbagai alasan. Pertama, komposisi kota ini lebih luas dibandingkan dengan kota-kota ramai lainnya di Tokyo, ini membuat Yokohama terasa tidak begitu sesak bagi orang-orang yang tidak suka daerah yang terlalu ramai.

Yokohama
Yokohama (jw-webmagazine.com)

Juga, ada banyak fasilitas komersial dan rekreasi untuk berbagai usia dan minat, seperti Mark is Minatomirai, Queen's Square Yokohama, China Town, Yokohama Cosmo World, dan Yokohama Museum of Art. Lokasi ini juga merupakan titik kuat, karena berada tepat di tengah-tengah antara Tokyo dan daerah pantai populer di Prefektur Kanagawa, dan akses yang mudah.

2. Ebisu

Ebisu adalah area yang sangat populer untuk ditinggali, terutama bagi generasi muda. Karena ada banyak sekolah menengah dan universitas di sekitarnya, sehingga sangat nyaman bagi siswa untuk tinggal. Karena itu juga, ada banyak toko, restoran, dan kafe yang ditujukan untuk para pelanggan muda.

Ebisu
Ebisu (jw-webmagazine.com)

Selain itu, kamu juga dapat menemukan museum, galeri seni, bioskop, dan banyak lagi. Alasan lainnya yang membuat Ebisu nyaman ditinggali adalah karena dekat dengan banyak area perbelanjaan seperti Shibuya dan Daikanyama.

3. Meguro

Meguro memberikan keseimbangan sempurna antara infrastruktur "perumahan", "komersial", dan "budaya", yang membuatnya sangat nyaman dan tidak terasa seperti kamu sedang berada di tengah-tengah kota terbesar di dunia.

Meguro
Meguro (jw-webmagazine.com)

Daerah ini memiliki banyak fasilitas yang berhubungan dengan seni, seperti museum, galeri, dan bioskop. Kamu juga bisa menemukan banyak suasana alam disini, seperti di taman-taman dan Sungai Meguro.

4. Kichijoji

Kichijoji telah menjadi daerah yang populer sebagai tempat tinggal untuk keluarga dengan anak-anak. Kichijoji memberikan suasana yang ideal untuk membesarkan anak di kota. Area ini memiliki trotoar lebar yang membuat anak-anak lebih aman berjalan. Dan ada banyak fasilitas perbelanjaan dan restoran yang disesuaikan untuk keluarga.

Kichijoji
Kichijoji saat musim semi (matcha-jp.com)

Kamu juga akan menemukan banyak fasilitas dan aktifitas untuk dilakukan sebagai keluarga disini. Ada Taman Inokashira besar yang mencakup fasilitas olahraga, museum Ghibli, dan kebun binatang, dan masih banyak lagi.

5. Omiya

Omiya dulu dikenal terutama sebagai salah satu pemberhentian untuk Shinkansen (kereta cepat). Tapi sekarang, department store besar seperti Ecute, Takashimaya, Sogo, dan Marui telah dibuka di dekat stasiun kereta, menjadikan Omiya tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Omiya
Omiya Park di Omiya (whereintokyo.com)

Selain itu, ada banyak area perumahan yang nyaman jika kamu melihat sedikit lebih jauh dari stasiun. Meskipun kota ini berada di luar Tokyo, kamu dapat mengakses pusat kota Tokyo dalam waktu hanya sekitar 30 menit dengan kereta api.

6. Nippori

Nippori adalah area yang populer sebagai tempat tinggal di kalangan mahasiswa dan pebisnis muda. Dalam hal hubungan kualitas harga pada aksesibilitas, Nippori adalah pesaing yang kuat.

Nippori
Nippori Station (study.gaijinpot.com)

Meskipun memiliki stasiun di mana Jalur Yamanote berhenti (yang bisa dibilang sebagai jalur kereta paling nyaman di Tokyo), Nippori memiliki harga sewa yang relatif masuk akal. Area ini Juga nyaman untuk tinggal karena dekat dengan Yanaka Ginza, tempat kamu dapat berbelanja dan menikmati banyak restoran, kafe, dan bar.

7. Akabane

Selain Kichijoji, Akabane juga merupakan daerah lain yang populer untuk keluarga dengan anak-anak karena suasananya yang “family friendly”

Akabane
Kegiatan bersama keluarga di Akabane (japan-guide.com)

Dulu, Akabane memiliki semacam citra negatif karena tidak begitu aman, tetapi kini semuanya telah berubah. Banyak toserba dan supermarket di dekat stasiun, aksesibilitas bagus ke pusat kota Tokyo, dan banyak suasana alam hanyalah sedikit dari banyaknya alasan mengapa Akabane menjadi populer. Beberapa bahkan mengatakan bahwa Akabane adalah "Kichijoji" kedua.

8. Sangen-Jaya

Di Tokyo, tinggal di lingkungan Setagaya adalah semacam status sosial karena dikenal sebagai daerah tempat tinggal kelas tinggi. Sangen-Jaya terletak di tepi Setagaya, dan hanya berjarak 2 stasiun kereta api dari Shibuya. Karena itu, Sangen-Jaya menjadi lokasi yang sangat strategis untuk ditinggali. Memiliki perpaduan unik antara nuansa "berkelas" dan "trendi".

Sangen-Jaya
Area perumahan di Sangen-Jaya (bestlivingjapan.com)

Area ini juga nyaman karena memiliki banyak restoran bagus, toko-toko, supermarket. Kamu juga dapat menemukan taman yang indah untuk menyegarkan pikiran dan jiwa.

9. Musashi-Kosugi

Meskipun terkenal memiliki biaya hidup yang relatif tinggi, tetapi Musashi-Kosugi adalah daerah yang sangat nyaman dan mudah diakses dari Tokyo Pusat maupun Yokohama.

Musashi-Kosugi
Musashi-Kosugi (delishably.com)

Disini kamu bisa melihat banyak kondominium gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan besar, seperti LaLa Terrace dan Grandtree Musashikosugi. Dan karena terletak di tepi Sungai Tamagawa, kamu juga akan menemukan banyak nuansa alam dan ruang untuk beraktifitas dengan seluruh keluarga.

10. Ichigaya

Ichigaya merupakan tempat tinggal paling strategis dari tempat lain yang telah kita bahas, karena berada hampir di tengah jantung kota Tokyo. Telah dianggap sebagai daerah kelas tinggi untuk hidup sejak dulu, dan sekarang sedang melalui pembangunan kembali yang akan semakin memperkuat status ini.

Ichigaya
Ichigaya (places.branipick.com)

Dengan kereta api, hanya dibutuhkan 6 menit ke Shinjuku, 12 menit ke Ikebukuro, dan 15 menit ke Shibuya. Kamu tidak bisa meminta tempat tinggal lain yang lebih baik jika kamu suka pergi ke tempat-tempat tersebut.

Dekat dengan banyak universitas, juga Kagurazaka, daerah wisata yang populer dengan restoran berkelas yang diminati wisatawan maupun orang Jepang. Dan juga, karena Istana Kekaisaran dan markas Kementerian Pertahanan terletak di dekatnya, Ini adalah daerah yang sangat aman untuk ditinggali.