Share on

Shinjuku punya banyak spot keren yang bisa kamu nikmati di Shinjuku dari Taman Shinjuku Gyoen hingga Don Qujiote di mana kamu bisa membeli oleh-oleh menarik. Karena Shinjuku adalah area bisnis, hiburan, hingga pemerintahan, maka tak aneh jika Stasiun Shinjuku menjadi stasiun terbesar dan tersibuk di Jepang. Banyak orang lalu-lalang di pintu masuk dan pintu keluar stasiun besar ini, beberapa orang mungkin tersesat saat mencari pintu keluar. Dilansir dari Matcha Japan, berikuat adalah panduan lengkap di Stasiun Shinjuku agar kamu tidak tersesat di sana!

Advertise With Us

Berganti Kereta di Stasiun Shinjuku

Stasiun Shinjuku Map
Stasiun Shinjuku Map (tokyo.digi-joho.com)

Semua jalur kereta JR, Keio Line, Odakyu Line, Tokyo Subway Marunouchi Subway Line, Toei Shinjuku Subway Line, dan Toei Oedo Subway Line terhubung ke sini. Selain itu, untuk mempermudah wisatwan, JR East telah menerapkan sistem penamaan baru jalur kereta di Tokyo.

Jika berganti kereta yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api yang berbeda di Stasiun Shinjuku, misalnya, dari jalur JR ke jalur Keio, kamu harus keluar dari stasiun JR dan kemudian masuk ke stasiun Keio. Dalam hal ini, keluar dari stasiun JR dari Central West Exit adalah yang tercepat karena gerbang tiket stasiun Keio langsung berada di pintu keluar. Namun, kalau ini liburan pertamamu di Jepang, lebih mudah untuk keluar dari Pintu Selatan, lalu masuk ke Stasiun Keio.

Berbelanja dari Stasiun Shinjuku

Stasiun Shinjuku
Pintu Masuk Stasiun Shinjuku (matcha-jp.com)

Jika tujuanmu membeli perangkat elektronik terbaru, langsung saja menuju pintu keluar barat Stasiun JR Shinjuku. Saat keluar, kamu akan melihat banyak toko barang elektronik termasuk Bic Camera, Yodobashi Camera, dan Yamada Denki LABI.

Yamada Denki LABI.
Yamada Denki LABI (matcha-jp.com)

Pintu keluar selatan Stasiun Shinjuku juga merupakan titik keberangkatan yang nyaman untuk berbelanja di area terdekat. Dari toko alat tulis sampai berbagai alat dapur, Tokyu Hands memiliki semuanya. Di pintu keluar timur Stasiun JR Shinjuku mengarah ke salah satu distrik hiburan terbesar di Asia, Kabukicho. Ada toko obat terbesar, Matsumoto Kiyoshi, di mana pembeli dapat menemukan popok dan susu bubuk, kosmetik Jepang dengan harga yang terjangkau.

Di Stasiun Shinjuku-gyoenmae, Kamu  Bisa Menikmati Keindahan Alam

Stasiun Shinjuku Gyoenmae
Stasiun Shinjuku Gyoen-mae (matcha-jp.com)

Hanya berjalan kaki lima menit dari pintu keluar 1 Stasiun Shinjuku Gyoenmae, kamu akan menemukan Taman Nasional Shinjuku Gyoen yang berada di tengah kota. Untuk sampai di sini, berangkat dari Stasiun Shinjuku melalui pintu keluar selatan dan belok kiri, lalu terus lurus di sepanjang Koshu Kaido Highway dan kamu akan tiba dalam waktu sekitar sepuluh menit.

Stasiun Nishi-shinjuku,  Bagi yang Ingin Langsung Ke Bandara

Stasiun Nishi Shinjuku
Tokyo Metro Marunouchi Subway Line (matcha-jp.com)

Bagi yang ingin menginap di Keio Plaza Hotel, Park Hyatt Tokyo dan Hilton Tokyo, langsung menuju Tokyo Metro Marunouchi Subway Line.  Selain itu, di sini juga banyak terdapat halte dari bus limusin yang menuju Bandara Haneda dan Bandara Narita.

Jika kamu Berbelanja di Dekat Stasiun Shinjuku-sanchome

stasiun shinjuku sanchome
Stasiun Shinjuku Sanchome (matcha-jp.com)

Jalur Subway Marunouchi Metro Tokyo, Jalur Subway Fukutoshin, dan Jalur Subway Toei Shinjuku semuanya terhubung di Stasiun Shinjuku-sanchome. Juga di dekat stasiun, kamu bisa makan dan minum di sekitar daerah Shinjuku Golden-gai. Di sekitar Stasiun Shinjuku-sanchome, ada Isetan Department Store, terkenal karena produk-produk berkualitas. Kemudian ada Bicqlo, merek fashion kasual terkenal Jepang, dan pengecer peralatan rumah Bic Camera.

Gunakan Aplikasi East Japan Railways

aplikasi panduan kereta, east japan railways
Perjalananmu dipermudah dengan aplikasi ini (allabout-japan.com)

Kalau kamu masih bingung, segeralah mengunduh aplikasi East Japan Railways, aplikasi menyediakan rute menuju pintu keluar atau platform tertentu, dengan petunjuk arah dan jarak selangkah demi selangkah. Pengguna juga dapat memilih dari daftar fasilitas khusus, termasuk kamar kecil, ATM, pusat informasi dan loket tiket jarak jauh, dan memiliki semua yang terdekat ditampilkan di peta. Tanda merah di atas menunjukkan hasil pencarian untuk toilet yang dapat diakses kursi roda.

Aplikasi dapat diunduh secara gratis di Google Playstore dan Apple App Store.