Share on

Jika memikirkan tentang kota historis di Jepang, hal pertama yang terpikirkan pertama kali adalah Kyoto. Kyoto, Osaka, dan sekitarnya terkenal dengan tempat-tempat historis yang membuat kita bisa merasakan nuansa Jepang pada zaman dahulu. Namun, jika ingin mencari kota-kota historis tanpa perlu ke Kyoto, 3 kota ini bisa kamu kunjungi dan memiliki akses yang mudah dari Tokyo.

Advertise With Us

Sawara, Chiba

Di tempat ini, kamu bisa berkeliling kota dengan menaiki perahu melewati sungai Ono. Sepanjang perjalanan 30 menit, kamu akan melewati berbagai macam bangunan dengan arsitektur historis dari 100 hingga 200 tahun yang lalu. Perjalanan tur di perahu ini seharga 1.300 Yen/dewasa (sekitar 180.000 Rupiah) dan 700 Yen/siswa SD (sekitar 95.000 Rupiah). Selain melalui perahu, kamu tetap bisa berkeliling kota dengan berjalan kaki untuk menikmati pemandangan historis lebih dekat. Jika ingin mampir ke suatu tempat, di Sawara terdapat kafe-kafe dan bangunan historis yang dibuka untuk umum.

Sawara
Sungai Ono, Sawara (Sumber: Japan Guide)

Untuk ke tempat ini, kamu bisa menaiki bus antar kota ekspres dari Stasiun Tokyo selama 1 jam 15 menit. Selain itu, kamu juga bisa naik dari Stasiun Bandara Narita Terminal 1 ke Stasiun Sawara selama 1 jam.

Kawagoe, Saitama

Tempat ini sangat mudah diakses dari Tokyo, sehingga disebut sebagai "Edo Kecil." Masih banyak bangunan-bangunan bersejarah yang dibangun sekitar 400 tahun yang lalu. Selain itu, terdapat tempat sewa kimono untuk digunakan selama di daerah ini. Kamu bisa foto mengenakan kimono di Kawagoe, seakan-akan kamu kembali ke zaman Edo. Kawagoe juga menawarkan berbagai toko yang menjual makanan-makanan ringan dengan harga terjangkau.

Spot wisata Prefektur Saitama japanesestation.com
Little Edo di Kawagoe, Saitama (Sumber: en,japantravel.com)

Perjalanan ke Kawagoe dapat ditempuh selama 30 menit dari Stasiun Ikebukuro ke Stasiun Kawagoe. Kamu harus mengambil jalur Tobu Tojo untuk bisa sampai di Kawagoe, baik kereta ekspres maupun semi-ekspres.

Higashi Chaya, Ishikawa

Dahulu, distrik Higashi Chaya ini merupakan tempat hiburan untuk tamu yang dilayani oleh geisha. Kini, tempat ini penuh dengan kafe-kafe bergaya tradisional Jepang dan toko kosmetik. Alat-alat kosmetik yang dijual di sini dibuat dengan teknik tradisional ala Kanazawa. Jika ingin ke Higashi, kamu hanya bisa mengunjungi di siang hari, karena tempat ini tidak menerima pelanggan secara umum.

Higashi Chaya
Distrik Higashi Chaya (Sumber: Tourist in Japan)

Dengan shinkansen, kamu bisa menempuh perjalanan 3 jam ke Stasiun Kanazawa, kemudian naik bus 10 menit dan berjalan kaki selama 5 menit dari stasiun. Walaupun jauh, pencapaian yang didapat dari perjalanan ini akan terbayarkan ketika sudah sampai di Higashi.