Share on

Di musim yang sedang buruk dan penuh dengan virus berbahaya ini, menjaga sistem imun tubuh menjadi sesuatu yang penting. Sayangnya, karena beberapa orang melakukan panic buying akibat mewabahnya virus COVID-19 alias corona virus, banyak vitamin untuk menjaga imun tubuh jadi sulit ditemukan di pasaran. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan vitamin dan mineral dari sumber lain seperti superfood Jepang ini. Apa saja?

Advertise With Us

Matcha

Superfood Jepang

Pasti kamu tidak asing lagi dengan matcha kan? Ya, bubuk yang terbuat dari daun teh hijau ini sangat populer, baik di Jepang maupun di Indonesia, dan sering dijadikan minuman kekinian, Matcha Latte.

Bubuk yang biasanya dikonsumsi dalam upacara minum teh tradisional Jepang ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan lho! Matcha punya kadar antioksidan tinggi yang dapat menolongmu untuk mengobati sel-sel  tubuh yang rusak dan "bertempur" dengan penyakit kronis. Tak hanya itu, matcha juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolestrol dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Meski banyak yang takut meminum matcha karena kadar kafein-nya yang tinggi (3 kali lebih banyak dari kopi!), Jangan khawatir! Matcha mengandung L-theanine yang daoat menetralkan kafein-nya dan memberikan sensasi relaksasi pada tubuh.

Miso

Superfood Jepang

Berikutnya ada miso, pasta kacang kedelai yang difermentasi, salah satu pilar utama dalam masakam Jepang. Biasanya, miso dikonsumsi sebagai miso shiru atau sup miso ketika dicampur kaldu ikan atau rumpul laut dan diberi topping seperti tofu, bawang daun, dan wakame. Miso juga biasa digunakan sebagai marinade atau glaze untuk daging panggang dan sayur-sayuran.

Selain rasanya yang enak, miso juga punya banyak manfaat lho! Karena hasil fermentasi, miso merupakan sumber probiotics atau bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem imun dan kesehatanmu. Miso juga kaya akan protein, berbagai mineral seperti vitamin E, vitamin K, berbagai vitamin B, dan asam folic. Namun, jangan lupa kalau miso mengandung banyak garam, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsinya ya!

Yuzu

Yuzu adalah sejenis buah jeruk asal Jepang yang memiliki rasa asam. Biasanya, bagian dalam buahnya tidak dimakan, namun kulit dan sarinya dapat digunakan untuk berbagai campuran makanan dan minyman seperti cocktail, soada dan teh. Terkadang, kamu juga menemukan yuzu mengapung di onsen karena wanginya yang membuat relaks.

Layaknya buah jeruk lain, yuzu merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan imunmu. Superfood dengan rasa segar ini memiliki vitamin C 3 kali lebih banyak dari lemon lho! Yuzu juga kaya akan antioksidan dan senyawa dalam kulitnya dapat mengurangi inflamasi dan meningakatkan aliran darah. Wangi yuzu yangs segar juga dapat emngurangi stress. Karena itu, tidak aneh jika yuzu dapat ditemukan dalam minyak esensial, kosmetik, dan pengharum ruangan.