Share on

Jepang adalah negeri dengan banyak budaya yang terus dilestarikan sejak zaman dahulu. Shodo atau kaligrafi adalah salah satu dari budaya tersebut. Shodo adalah kaligrafi Jepang yang menggunakan kuas dan tinta khusus untuk menulis karakter (kanji, hiragana, katakana) dengan gaya artistik.

Belajar Kaligrafi Jepang di Tokyo
Shodo atau kaligrafi, menulis huruf dengan seni (japandeluxetours.com)

Pada abad keenam dan ketujuh, kemampuan untuk melakukan shodo menjadi persyaratan untuk menjadi seorang pemimpin, bangsawan, dan prajurit. Tradisi ini lama kelamaan terus menyebar luas, dan saat ini telah menjadi gaya hidup di Jepang. Orang-orang Jepang saat ini selalu menggunakan kuas dan tinta untuk menulis surat-surat khusus, selain karena nilai seninya, menulis dengan gaya ini menjadikan surat terasa lebih resmi dan berharga. Kalau kamu ingin berwisata ke Jepang dan ingin belajar kaligrafi Jepang ini langsung di negaranya, ada beberapa tempat yang menyediakan kelas shodo khusus untuk turis.

Salah satunya adalah Museum Mitsuo Aida. Museum ini memamerkan karya-karya dari seorang penyair dan sastrawan terkenal, Mitsuo Aida. Karya-karyanya memiliki pesan emosional yang sangat menarik bagi banyak penggemarnya hingga saat ini. Kamu tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa, karena karya-karya yang dipamerkan juga sudah memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris. Di sini kamu tidak hanya belajar shodo, tapi kamu juga bisa belajar banyak mengenai budaya-budaya Jepang lewat karya sastra.

Belajar Kaligrafi Jepang di Tokyo
Karya sastra dan kaligrafi di Museum Mitsuo Aida (matcha-jp.com)

Atau, kalau kamu ingin belajar menulis kaligrafi dengan tanganmu sendiri, kamu bisa pergi ke Udoyoshi Shodo Class, berlokasi di Yushima, Tokyo. Kelas kaligrafi di Udoyoshi ini diadakan di dalam ruangan tradisional Jepang dengan tatami, menjadikan tempat ini sangat ideal untuk pengalaman shodo yang tidak akan terlupakan. Kuas, tinta, kertas, dan peralatan lainnya sudah disiapkan untuk kamu. Di kelas Udoyoshi, kamu akan dibimbing dan diarahkan oleh instruktur-instruktur kaligrafi Jepang berpengalaman ini secara bertahap.

Belajar Kaligrafi Jepang di Tokyo
Turis asing belajar menulis kaligrafi di Udoyoshi Shodo Class (matcha-jp.com)