Share on

Bulan Ramadhan kali ini ada yang berbeda karena kita sedang dihadapi dengan pandemi COVID-19. Kita pun harus diam di rumah untuk menghindari penyebaran virus, sehingga aktivitas Ramadhan tak bisa kita lakukan seperti biasanya. Kamu tetap bisa menikmati bulan ini dengan banyak hal, loh. Mulai dari main Animal Crossing: New Horizon di Nintendo Switch sampai mendekorasi ulang rumahmu. Kegiatan lain yang menarik adalah belajar masakan Jepang. Nah, JS mau berbagi channel Youtube rekomendasi editor kami untuk kamu yang ingin belajar masakan negeri sakura tersebut.

TabiEats Recipe 

Mungkin bagi kalian penggemar traveling Jepang dan sering nongkrong di depan Youtube, nama TabiEats sudah cukup sering didengar. Channel ini awalnya memang berisi traveling dan makanan Jepang. Namun, duo pemilik channel tersebut memiliki segmen khusus tentang resep Jepang di TabiEats Recipes. 

Sesekali, salah satu dari pemilik channel ini juga mengundang ibunya untuk mengajarkan bagaimana membuat masakan rumahan.  Pastinya masakan ibu paling juara ya!

Just One Cookbook 

Pemilik channel ini, Namiko Chen, adalah seorang ibu rumah tangga asal Jepang yang tinggal bersama keluarganya di Amerika Serikat. Di sini, Namiko yang akrab dipanggil Nami-san membagikan berbagai resep Jepang mulai dari yang tradisional hingga fushion

Menu favorit dari editor kami yang menurutnya patut dicoba adalah oyakodon (chicken & egg bowl). Selain itu, bagi penggemar yang manis-manis, kalian bisa cek video cara membuat dorayaki dan purin (puding karamel a la Jepang). Selain Youtube, kamu bisa melihat resep masakannya di website yang dikelola Nami-san. 

Cooking with Dog

Rekomendasi terakhir adalah channel yang bisa dibilang sudah cukup lama, sekitar 13 tahun! Di Cooking with Dog, kamu bisa belajar masak ditemani seekor anjing lucu bernama Francis.

Sedihnya, Francis meninggal beberapa tahun lalu. Namun, sang majikan yang juga pembawa acara mengabadikan sosok Francis dengan meletakkan boneka anjing yang mirip dengannya di tepi meja dapur. Jika kamu benar-benar ingin merasakan masakan rumahan Jepang, silakan cek channel ini, ya. Dijamin enak! Oh ya, majikan Francis pun punya akun Instagram di mana ia membagikan kesehariannya. 

Bahkan, majikan Francis pun rupanya cukup kenal baik dengan Nami-san dari Just One Cookbook. Selain itu, kamu juga bisa menemukan foto-foto throwback-nya bersama Francis ataupun foto bahan makanan dan restoran yang ia kerap kali kunjungi. 

Catatan: sampai sekarang nama majikan Francis tidak pernah diketahui, loh. 

Hmm, dari ketiga channel masak Youtube di atas, kira-kira masakan Jepang mana yang akan kamu buat pertama kali? Jangan lupa untuk sehat selalu, ya pembaca JS!