Share on

Kebiasaan masyarakat Jepang yang dikenal taat dalam membuang sampah dan menyukai kebersihan, membuat lingkungan di negara berjuluk negeri sakura ini pun terlihat sangat bersih, indah serta tertata rapih. Tak mengherakan jika negara tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, dan jadi tujuan wisata yang paling diidam-idamkan oleh banyak orang. Selain anime, manga, teknologi dan pesona para idol yang telah menjadi daya tarik dari Jepang sejak lama, faktor kebersihan pastinya akan membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Bahkan, dalam pelbagai foto yang diambil saat Tim Japanese Station berkunjung ke negara tersebut memperlihatkan bagaimaimana jalan-jalan di kota-kota besar seperti Tokyo tak sekalipun terlihat sampah. Masih tidak percaya? Yuk intip foto-fotonya di bawah ini!

Dari jalan raya utama, hingga gang kecil sekalipun yang hanya dapat dilewati pejalan kaki, semuanya terlihat bersih, dan hanya nampak beberapa daun yang berjatuhan. Bahkan, meski terdapat toko makanan pun, jalan tersebut tak kalah rapi dengan sampah yang diletakan dengan tertata.

Sama halnya dengan jalanan-jalanan di sepanjanga negara tersebut, fasilitas umum di Jepang seperti, stasiun, halte bus juga tak kalah indah karena dirawat dengan sangat baik oleh petugas maupun akibat dari kesadaran masyarakat setempatnya sendiri.

 

Begitupula dengan fasilitas umum lainnya seperti, area khusus merokok, tempat wisata hingga taman-tama kota, jangan heran kalau ada banyak orang yang duduk dengan nyaman di ruang publik untuk waktu yang lama dan burung yang berseliweran di pusat-pusat kota.

Bagaiamana, indah bukakan melihat beragam sudut negara Jepang yang tanpa sampah? Jadi, mulai dari sekarang biasakan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, di mana pun kalian berada.

(Foto By JS Team : Rezky Ramadhan - Instagram/the.1993)