SHARE THIS ARTICLE

Bicara soal kebersihan, Jepang memang dikenal sebagai negara yang paling bersih nan indah. Bagi orang Jepang yang tinggal di luar negeri mereka, sebagian besar dari mereka terkejut dan heran jika melihat negara lain terasa kotor dan tidak seperti negaranya. Orang Jepang memang sangat menyukai kebersihan, hal ini juga disadari oleh orang asing. Kali ini, akan diulas mengenai 7 kebiasaan orang Jepang yang menyukai kebersihan tersebut.

1. Makan roti yang dibungkus dengan selembar kertas pembungkus

Kalau membeli roti baguette di negara lain, ada juga toko yang hanya membungkus kemasan rotinya dengan kertas berukuran B5. Sedangkan Jepang membungkus rotinya dengan Fukuro. Dibandingkan dengan negara lain yang jauh lebih sederhana dalam membungkusnya, banyak yang terkejut melhat orang Jepang membungkusnya dengan cara yang berlebihan.

2. Menjemur futon

Pada umumnya orang-orang di negara lain jarang menjemur kasur mereka. Beda halnya dengan orang Jepang yang menjemur futon setelah digunakan untuk tidur. Sedangkan di beberapa negara lain banyak tempat yang melarang orang-orang menjemur kasur mereka di balkon apartemen.

3. Mencuci tangan setelah dari toilet

Toilet di beberapa negara umumnya difasilitasi dengan wastafel yang terpisah dengan wc/kloset duduk/jongkok. Ada juga toilet di negara lain yang tidak memiliki wastafel di dalamnya, tapi orang Jepang sangat membutuhkan wastafel. Kalau orang Jepang berkunjung ke rumah orang lain, setelah dari wc pasti selalu bertanya di mana wastafelnya? Bagi orang-orang di negara lain mungkin setelah dari toilet mereka tidak perlu mencuci tangan. Sedangkan orang Jepang baik pria ataupun wanita, setelah dari toilet mereka selalu mencuci tangannya.

4. Tidak mencorat-coret di dalam kereta

Di kereta di negara-negara lain ada banyak sekali coretan. Baik itu di dinding, di jendela, dan di manapun banyak dipenuhi dengan coretan. Kesadaran orang-orang supaya bersih itu rendah.

5. Menggunakan shampoo

Orang-orang di negara lain mengatakan bahwa menggunakan shampoo setiap hari itu tidak baik untuk rambut. Sama halnya dengan orang Jepang, mereka akan bertanya-tanya ketika disarankan harus menggunakan shampoo setiap hari.

6. Menyemprotkan desinfektan antibakteri pada berbagai barang

Di Jepang, penggunaan spray antibakteri pada barang-barang sangat diutamakan. Selain itu orang Jepang juga sangat memperhatikan soal pengemasan makanan, jadi bakteri sulit untuk berkembang.

7. Menjaga kebersihan di semua toko

Baik di supermarket maupun di toko baju, di Jepang nampaknya jarang sekali ada barang dagangan yang berjatuhan di lantai. Tentu saja ini tergantung tokonya, namun di supermarket di Jepang, jarang ditemukan ada selada yang berjatuhan atau jus yang tumpah di lantai. Hal ini cukup mencengangkan.

Konsep kebersihan setiap negara pun berbeda-beda ya! Jepang menganggap bersih itu bebas dari kuman, sedangkan beberapa negara lain menganggap ruangan yang apik itu adalah kebersihan.

Source : http://www.madameriri.com/
COMMENT