Share on

Mengingat seberapa sering penduduk Jepang mampir ke konbini atau toko serba ada, banyak orang secara spontan akhirnya memiliki pendapat tentang yang mana konbini terbaik. Apakah FamilyMart menawarkan onigiri yang lebih enak daripada Lawson? Apakah 7-Eleven punya roti terbaik?

Advertise With Us

Untuk mengakhiri diskusi ini, Japan Productivity Center melakukan survei tahunan Indeks Kepuasan Pelanggan Jepang terhadap ribuan pelanggan konbini, dan menemukan jawaban bahwa konbini terbaik adalah Seico Mart. Kenapa?

Seico Mart
Seico Mart, konbini terbaik di Jepang (tsunagujapan.com)

Selama periode survei 1 Juli hingga 5 Agustus, para peneliti bertanya kepada sekitar 15.000 orang dari segala usia, jenis kelamin, dan lokasi, tentang seberapa sering mereka mengunjungi konbini tertentu. Di Tahap 2, mereka memilih sampel orang yang lebih sedikit dan mengajukan lebih banyak pertanyaan kepada mereka tentang konbini yang sering mereka kunjungi.

Survei tersebut menampilkan tujuh konbini, ada kelompok tiga besar, yaitu FamilyMart, Lawson, dan 7-Eleven, ditambah Daily Yamazaki, New Days, Ministop, dan Seico Mart. Selama lima berturut-turut, Seico Mart berada di peringkat atas, dengan skor kepuasan pelanggan 76,3, mengungguli 7-Eleven yang ada di peringkat kedua dengan skor 72,5. Poin lainnya juga dihitung (Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Nilai Produk, Kemungkinan Direkomendasikan, dan Loyalitas), dan Seico Mart berada di peringkat 3 dan 2 teratas, menjadikannya konbini terbaik di Jepang.

Apa itu Seico Mart?

Jika kamu belum pernah mendengar tentang Seico Mart, itu bisa dimengerti, karena kamu tidak akan menemukannya di sebagian besar kota besar Jepang. Inilah yang membuatnya begitu istimewa!

Seico Mart
Seico Mart, konbini terbaik di Jepang (snow.gurunavi.com)

Seico Mart adalah jaringan toko serba ada yang sangat besar di Hokkaido, di mana mereka mengoperasikan sekitar 1.169 toko, lebih banyak daripada kelompok tiga besar mana pun, tetapi hampir tidak ada di tempat lain. Selain Hokkaido, hanya dua prefektur lain yang memiliki Seico Mart, 82 di Ibaraki dan 10 di Saitama. Seico Mart sebenarnya adalah jaringan toko serba ada pertama di Jepang, dengan pembukaan toko pertama pada tahun 1971, dua tahun lebih awal dari 7-Eleven.

Produk Secoma
Produk Secoma dari Seico Mart Jepang (snow.gurunavi.com)

Sejumlah besar produk mereka dibuat dengan merek sendiri yang diberi nama Secoma (total lebih dari 1.000 produk asli), dan mereka membanggakan penggunaan bahan-bahan dari Hokkaido dalam huruf besar. Artinya, ada berbagai macam produk camilan, es krim, dan alkohol yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Contoh yang paling menarik adalah produk berdasarkan makanan jingisukan, hidangan berbahan dasar daging domba.

Produk Secoma
Produk Secoma dari Seico Mart jepang (snow.gurunavi.com)

Ada juga beberapa inovasi produk, termasuk berbagai macam pilihan makanan panas dan pilihan lauk. Produk mi instan mereka juga luar biasa, mereka juga menawarkan beragam jenis wine, dan semua produk mereka menggunakan bahan-bahan alami.

Selama musim dingin, Seico Mart mengambil peran penting bagi penduduk pedesaan dengan menjual minyak pemanas. Pada tahun 2018, ketika gempa bumi di wilayah Iburi menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran, mereka mendapat pujian karena berhasil tetap terbuka dan memberikan dukungan untuk kehidupan penduduk setempat.