Share on

Sesuai namamanya, convenience store alias konbini di Jepang menjual berbagai kebutuhan yang bikin hidupmu tambah praktis. Mulai dari makanan, snack, dan berbagai kebutuhan sehari-hari bisa kamu temukan di sini! Nah, salah satu produk terpopuler di konbini adalah onigiri, bola nasi dengan berbagai variasi dan murah! Namun saking banyaknya jenis onigiri di konbini, kadang bingung dan takut untuk membelinya, apalagi jika tidak begitu paham dengan bahasa Jepang. Nah, jangan khawatir! JS punya daftar beberapa jenis onigiri konbini di Jepang. Apa saja?

Onigiri Klasik

Pertama, ada onigiri klasik atau onigiri tradisional. Onigiri dengan rasa-rasa berikut paling umum ditemukan di konbini. Misalnya:

Salmon

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri salmon (tsunagujapan.com)

Salmon merupakan  salah satu bahan pokok dari masakan ala Jepang. Karena itu, tidak aneh jika kamu menemukan salmon dalam onigiri. Intinya, onigiri salmon adalah versi handheld dari sarapan tradisional ala Jepang. Wajib dicoba.

Mentaiko

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri Mentaiko (tsunagujapan.com)

Mentaiko? Apa itu? Mentaiko bisa diartikan sebagai “ikan Tarako pedas”. Ya, onigiri mentaiko berisi daging ikan Tarako pedas. Namun tenang saja, rasa “pedas” pada onigiri ini tetap bisa diikmati siapapun kok! Bahkan, masih cocok buatmu yang tidak suka makanan pedas.

Okaka

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri Okaka (tsunagujapan.com)

Apakah kamu pernah melihat serpihan-serpihaan berwarna coklat di atas okonomiyaki atau takoyaki? Itu adalah katsuobushi, atau serpihan ikan cakalang dalam bahasa Indonesia.  Biasanya, makanan ini digunakan dalam dashi, namun ternyata enak juga lho dalam onigiri! Nah, versi onigirinya biasanya dibuat dalam rasa “okaka”, katsuobushi yang dibumbui dengan kecap. Lezat!

Umeboshi

Umeboshi merupakan acar buah plum yang biasanya dimakan bersama nasi. Rasa umeboshi sangat asam, namun itu membuatnya makin match dengan nasi! Nah, jika ingin menikmati umeboshi dengan nasi namun tidak ada waktu, kamu bisa mencoba versi handheld-nya lewat onigiri umeboshi yang biasa ada di konbini!

Onigiri Kekinian

Nah, jika tadi ada onigiri klasik yang umum ditemukan di berbagai konbini, sekarang ada banyak lho onigiri kekinian  dengan rasa unik dan tidak biasa. Apa saja?

Omurice

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri Omurice (tsunagujapan.com)

Seperti namanya, omurice (omelette + rice), adalah nasi yang diablut dengan omelet di atasnya. Omurice yang asli sebenarnya merupakan nasi goreng yang dibumbui dengan kecap dan diselimuti omelet lembut di luarnya. Nah dalam bentuk onigiri, kamu akan menemukan nasi yang dibalut dengan omelet mini! Jika sempat, hangatkan agar rasanya makin mantap!

Tamago Kake Gohan

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri tamago kake gohan (tsunagujapan.com)

Tamago kake gohan adalah masakan ala Jepang di mana kamu mencampurkan telur mentah dankecap ke dalam semangkuk nasi.  Meskipun terlihat aneh dan agak menjijikan, tetapi rasa makanan ini juara! Sangat lezat dan gurih!  Dalam versi onigiri, nasinya akan dibumbui dengan sedikit kecap dengan isi berupa kuning telur mentah di dalamnya. Bagaimana produsen onigiri ini melakukannya? Tanya saja sendiri.

Yaki Onigiri

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Yaki onigiri (tsunagujapan,com)

Sesuai dengan namanya, yaki onigiri berarti “onigiri yang dibakar”. Onigiri ini cukup populer di Jepang, karena rasanya yang unik dan gurih dengan sedikit tekstur renyah di luarnya. Enaknya lagi, ada salmon lezat menunggumu di dalamnya!

Bibimbap

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri bibimbap (tsunagujapan.com)

Berikutnya, ada kolaborasi antara makanan khas Jepang dan makanan khas Korea, Bibimbap. Bibimbap adalah mix bowl ala korea yang berisi berbagai jenis daging dan sayuran yang dibumbui degan saus pedas manis. Dalam versi onigiri, kamu akan menemukan kejutan kecil di tengah onigirinya, daging panggang! Wajib dicoba!

Ebiten

Berbagai Macam Onigiri yang Bisa Kamu Temukan di Konbini Jepang
Onigiri ebiten (tsunagujapan.com)

Ingin mencicipi onigiri yang tak biasa? Bagaimana kalau mencicipi onigiri Ebiten (tempura udang) yang lezat? Ekor udang yang menginip dari atas onigiri bikin bentuknya tambah menarik.

Nah, itulah beberapa jenis onigiri yang bisa kamu temukan di konbini Jepang. Mau pilih yang mana?