Share on

Ternyata, Kansai Thru Pass bukan satu-satunya tiket untuk menghemat biaya jalan-jalan di Kansai lho. Ada juga yang namanya set kartu ICOCA-Haruka. Nah, sebenarnya apa sih ICOCA-Haruka itu?

Advertise With Us

Kartu ICOCA-Haruka adalah sebuah set tiket diskon bagi wisatawan luar Jepang yang ingin menggunakan pesawat dari Bandara Kansai di Osaka. Singkatnya, dengan set tiket ini, turis dari luar Jepang bisa berpergian dari bandara ke Osaka, Kyoto, Kobe, atau Nara dengan layanan Kereta Ekspress terbatas JR Haruka.

Kartu ICOCA-Haruka ini berisi kartu pre-paid ICOCA (berisi saldo sebesar 1500 yen) dan tiket diskon Haruka, kereta cepat Bandara Kansai. Kartu ICOCA bisa digunakan untuk menaiki JR, subway, private railway, bus, atau berbelanja di area Kansai. Sementara itu, tiket diskon Haruka bisa kamu pakai untuk naik kereta Haruka dari Bandara Kansai ke Tennoji, Shin-Osaka, atau pun Stasiun Kyoto.

Perlu diingat, kartu ICOCA dan Haruka hanya bisa dibeli dan ditukarkan di Stasiun Bandara Kansai. Jika kamu ingin melakukan reservasi, bisa dilakukan secara online. Nah, ketika membeli tiket ini, kamu bisa memilih rute dan opsi pulang-pergi (round tip) atau satu arah (one way). Untuk rute satu arah, tiket hanya berlaku selama 1 hari saja. Sementara tiket pulang pergi bisa berlaku hingga 14 hari.

ICOCA-Haruka, Kartu Hemat Kereta Bandara Kansai
Tiket kereta diskon ICOCA-Haruka yang bisa kamu dapatkan di Stasiun Bandara Kansai (www.westjr.co.jp)

Untuk membuat kartu ICOCA IC Card, akan dikenakan biaya sebesar 2000 yen, dengan isi saldo sebesar 1500 yen. Nah, buat kamu yang sebelumnya sudah memiliki ICOCA IC Card, kamu hanya perlu membeli tiket diskon kereta Haruka saja, asal memperlihatkan IC Card dengan logo ICOCA pada petugas.

Nah, jalur mana saja yang dilewati oleh kereta Haruka? Bisa dilihat dari gambar berikut untuk lebih jelasnya.

ICOCA-Haruka, Kartu Hemat Kereta Bandara Kansai
Jalur kereta Haruka dari dan ke Bandara Kansai (www.westjr.co.jp)

Untuk harga tiket, tentunya berbeda tergantung lokasi tujuan. Tiket paling murah bisa didapat dengan 1120 yen. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat table berikut.

ICOCA-Haruka, Kartu Hemat Kereta Bandara Kansai
Tabel harga tiket kereta Haruka (www.westjr.co.jp)

Bagaimana? Hemat, kan? Kalau jalan-jalan ke Kansai, jangan lupa beli tiket ini ya!