Share on

Sedang jalan-jalan di area Fukuouka, tapi bingung mau beli oleh-oleh apa untuk orang tersayang? Jangan khawatir, prefektur yang berada di area Kyushu ini punya banyak kerajinan tradisional yang cocok untuk oleh-oleh lho. Nah, buat kamu yang masih bingung, inilah 5 kerajinan tradisional Fukuoka, Jepang, yang wajib dibawa pulang untuk oleh-oleh. Ayo simak!

Advertise With Us

Hakata Magemono

5 Kerajinan Tradisional Fukuoka yang Cocok untuk Oleh-oleh
Hakata Magemono (wow-j.com)

Di urutan pertama oleh-oleh Fukuoka, ada Hakata Magemono. Souvenir yang sudah ada sejak zaman Edo ini biasanya terbuat dari kayu tipis dari pohon cedar atau cemara Jepang yang diikat dan disambung dengan kulit pohon ceri di ujungnya. Hasilnya, sebuah kotak cantik nan ringan, tanpa adanya besi sama sekali.

Karena Hakata Magaemono anti lembab, biasanya benda ini digunakan sebagai kotak penyimpanan untuk keperluan sehar-hari seperti tempat nasi atau tempat bento. Ada juga yang dibentuk menjadi mangkuk, baki, bahkan wine coolers.

Harga Hakata Magemono berbeda-beda sesuai bentuk dan fungsinya. Namun, biasanya dijual mulai dari harga 6,000 - 7,000 JPY hingga  puluhan ribu yen.

Hakataori

5 Kerajinan Tradisional Fukuoka yang Cocok untuk Oleh-oleh
Hakataori (wow-j.com)

Kerajinan tangan Hakata terpopuler berikutnya adalah Hakataori, kain tenun polos yang dibuat dengan lungsin (benang) tenun yang tipis namun kencang dan with lemak untuk menghasilkan kain tebal namun ringan dengan tekstur yang glossy. Meski biasanya Hakataori biasanya digunakan untuk obi (ikat pinggang untuk kimono), ada juga yang dijadikan bahan untuk tas, dasi, dompet, coasters, taplak meja, dan lain-lain. Kamu juga bisa membuatnya menjadi hiasan gantung di kamarmu lho!

Untuk harga, biasanya kain ini dijual mulai dari harga 2,000 - 3,000 JPY hingga puluhan ribu yen.

Koishiwara-yaki

5 Kerajinan Tradisional Fukuoka yang Cocok untuk Oleh-oleh
Koishiwara-yaki (wow-j.com)

Buat pecinta keramik, wajib membawa pulang Koishiwara-yaki, sebuah keramik sederhana yang bisa kamu temukan di area Toho, Fukuoka. Meskipun keramik yang berumur lebih dari 400 tahun ini mempunyai bentuk sederhana, benda ini cukup populer baik di Jepang maupun  luar Jepang lho.

Keramik fungsional dengan desain geometris unik ini biasanya bisa kamu dapatkan dengan harga 1,500 - 2,000 JPY saja.

Kurume Kasuri

5 Kerajinan Tradisional Fukuoka yang Cocok untuk Oleh-oleh
Kurume Kasuri (wow-j.com)

Selain Hakataori, ada lagi kerajinan kain tenun asal Fukuoka lho, namanya Kurume kasuri. Kain ini memiliki tekstur yang tebal dan kuat, karena itu biasanya digunakan sebagai bahan untuk pakaian praktis. Namun sekarang ada juga yang yang menjadikan Kurume kasuri sebagai bahan utama  untuk membuat pakaian rumahan seperti celana santai dan celemek atau kebutuhan sehari-hari seperti tas dan pouch.

Sama seperti 2 kerajinan sebelumnya, harga Kurume kasuri juga bervariasi tergantung seperti apa produknya.  Biasanya, benda paling sederhana dijual dengan harga 1,000 JPY dan barang-barang mahal dijual dengan harga puluhan ribu yen.

Hakata Dolls

5 Kerajinan Tradisional Fukuoka yang Cocok untuk Oleh-oleh
Hakata Dolls (wow-j.com)

Untuk yang hobi mengoleksi boneka tradisional dari berbagai negara, Hakata dolls bisa jadi pilihan terbaik. Boneka yang sudah ada sejak 400 tahun lalu ini dibuat menggunakan clay, dibakar tanpa glasir, lalu diwarnai dengan cat dan bubuk kerang.

Boneka elegan ini hadir dalam beberapa motif pakaian, seperti lukisan ukiyo-e, baju ala kabuki atau drama Noh, zodiac Cina, dan lain-lain. Biasanya, boneka ini dijual mulai dari harga 2,000 - 3,000 JPY hingga puluhan ribu yen.

Nah, mana yang akan kamu pilih sebgai oleh-oleh jika berkunjung ke Fukuoka?