Share on

Bosan ke tempat-tempat wisata yang begitu saja? Bagaimana kalau mencoba ke titik paling utara pulau Honshu, Shimokita Hanto? Di sini, kamu bisa melihat "neraka" lho.

Shimokita Hantō merupakan semenanjung yang berlokasi di bagian paling utara pulau Honshu. Semenanjung ini dikenal dengan cuacanya yang keras dan pemandangan batu yang mengerikan dan terkesan liar sampai disebut mirip dengan "neraka".

Nah, ada apa saja sih di Shimokita Hanto di area Tohoku ini? Simak penjelasan di bawah ini!

Gunung Osorezan, pintu masuk ke Akhirat

Shimokita Hanto, Titik Paling Utara Pulau Honshu
Kuil di Gunung Osorezan (japan-guide.com)

Gunung Osorezan merupakan salah satu gunung yang dianggap sebagai tempat sakral di Jepang. Gunung ini memiliki nama yang cukup menyeramkan lho, jika diterjemahkan, nama gunung ini berarti "Gunung Menakutkan", sangat cocok dengan pemandangannya yang memang tidak biasa. Area gunung ini sangat kental dengan aktifitas vulkanik dan bau belerang yang sangat kuat. Tak hanya itu, tanahnya tandus dan ada berbagai genangan air panas yang mengeluarkan gelembung-gelembung mengerikan.

Osorezan juga dikenal sebagai pintu masuk menuju akhirat karena secara georafis, keadaan alamnya yang cocok dengan deskripsi neraka dan surga dalam agama Buddha, termasuk 8 puncak yang mengelilingnya dan sebuah sungai bernama Sanzu no Kawa, sungai yang harus disebrangi oleh jiwa-jiwa orang yang meninggal untuk memasuki akhirat.

Meskipun tempat ini menyeramkan, tetaop saja banyak orang yang mengunjunginya. Apakah kamu juga tertarik?

Yagen Valley, lembah tempat onsen dan hiking!

Shimokita Hanto, Titik Paling Utara Pulau Honshu
Yagen Valley (japan-guide.com)

Seperti layaknya bagian lain dari Shimokita Hanto yang memiliki pemandangan "liar" dan berbatu-batu, Yagen Valley di tengah semenanjung ini juga memeiliki pemandangan serupa. Bedanya, lembah ini punya onsen dan atea hiking!

Dua onsen di Yagen Valley diberi nama yang terinspirasi dari kappa, salah satu mahluk mitologi Jepang yang konon hidup di kolam, sungai, atau danau. Kedua onsen ini berlokasi di area Oku-Yagen ("Inner Yagen Valley") di bagaian belakang lembah, menghadap langsung ke sungai yang cantik. Onsen Meoto Kappa no Yu menyajikan pemandian umum terpisah bagi setiap gender, lengkap dengan ruang ganti dan sebuah restoran mungil. Sementara itu, Onsen Kappa no Yu memiliki sistem unik, setiap 2 jam sekali onsen ini akan dibuka untuk gender tertentu.

Nah buat yang hobi hiking, Yagen Valley juga menyediakan rute mudah bagi para hiker. Asyik kan?

Tanjung Oma, pusat tuna terbesar Jepang

Shimokita Hanto, Titik Paling Utara Pulau Honshu
Tanjung Oma (japan-guide.com)

Terakhir, ada Tanjung Oma (大間崎, Ōmasaki), bagian terujung di Shimokita Hanto. Area ini dikenal sebagai surganya restoran dan berbagai toko souvenir yang menjual berbagai produk dari ikan dan rumput laut.

Selain itu, Oma juga dikenal sebagai pusat industri pemancingan tuna. Tuna asal Oma merupakan tuna terbaik dan termahal di Jepang lho. Jadi, jangan lupa cicipi ya!

Ingin mencoba ke Shimokita Hanto?