Share on

Tak hanya dikenal dengan pemandangan indah dari pegunungannya, Shikoku juga terkenal punya banyak makanan khas yang lezat. Nah, buatmu yang penasaran dengan makanan khas asal Shikoku, JS punya listnya! Apa saja?

Sanuki Udon (Kagawa)

Makanan khas Shikoku

Pertama, ada sanuki udon, udon asal Kagawa yang terkenal dengan teksturnya yang padat dan kenyal. Sebagai daerah asalnya, tentu saja banyak restoran dan kedai yang menjajakan makanan ini. Beberapa restoran bahkan punya cara penyajian unik, beberapa di antaranya mengadaptasi gaya self-srervice (pengunjung melayani diri sendiri) dan sebagian lainnya membuat restorannya di sebelah pabrik mie.

Nah, ada banyak cara untuk menikmati mie ini lho. Misalnya, Kake Udon yang dimakan bersama dengan kuah dashi hangat, Kamaage Udon, udon yang dumakan dengan langsung memasukkan mie ke dalam dipping sauce, atau Kamatama Udon di mana mie yang telah ditiriskan dicampur dengan telur mentah dan kecap selagi panas. Beda restoran juga berarti beda topping lho, jadi coba berbagai restoran untuk menikmati sensasi makan berbeda ya!

Uwajima Taimeshi (Ehime)

Makanan khas Shikoku

Makanan wajib dicoba berikutnya adalah Uwajima taimeshi (nasi dengan ikan air tawar cincang), masakan lokal ala Ehime. Daging ikan yang digunakan untuk membuat makanan ini diiris tipis-tipis, direndam dalam saus yang terbuat dari kecap,mirin (alkohol untuk memasak), dashi dan biji wijen yang dicampur dengan kocokan telur, lalu dituangkan ke atas nasi panas. Setelah itu, taburi dengan mikan (jeruk) atau yuzu, dan irisan nori. Lezat!

Jakoten (Ehime)

Makanan khas Shikoku

Masih dari Ehime, hadir masakan lokal yang terbuat dari ikan kecil segar yang dicincang. Daging ikan cincang ini kemudian dibuat menjadi pasra ikan yang dibentuk menjadi patty oval dan digoreng dalam minyak panas.

Daya tarik Jokoten ada pada rasanya yang kuat dan kaya akan berbagai nutrisi, seperti kalsium, DHA dan EPA. Nah untuk menikmatinya, bisa dimakan langsung atau dipanggang dan disajikam bersama lobak parut atau dijadikan toppinh udon.

Katsuo no Tataki (Kochi)

Makanan khas Shikoku

Berikutnya, ada Katsuo no tataki (cekalang panggang), makanan lokal asal Kochi. Makanan ini dibuat dengan memanggang permukaan daging ikan cekalang segar lalu mengiris-ngirisnya. Cara membakar makanan ini unik lho, dibakar dengan mengunakan kumpulan sedotan yang dibakar. Hasilnya, hanya sebagian permukaan daging yang tebakar, menghasilkan daging yang tetap juicy. Makanan ini akan lebih lezat jika kamu mrmakannya denhan saus kecap dengan sedikit cuka.

Tokushima Ramen (Tokushima)

Makanan khas Shikoku

Sebagai penutup, ada ramen asal Tokushima. Ramen dengan sup berwarna coklat gelap ini dibuat dari tulang babi, kecap, dan bahan lexat lainnya. Untuk toppingnya, biasanya ada daging babi rebus manis-asin dan telur mentah. Ramen inu juga cocok dimakan bersama nasi lho!

Nah itulah 5 makanan terbaik khas Shikoku. Tertarik mencobanya?