Share on

Ramen adalah mie kuah yang berasal dari Jepang, yang identik dengan kuah babi yang kental dan gurih. Namun, bukan berarti semua ramen dibuat dengan dicampur daging babi. Ada juga tempat makan dan restoran di Jepang yang menyajikan ramen ayam. Bagi kalian yang menghindari daging babi, resep ramen ayam shoyu dengan jagung segar dan choy sum (caisim, sawi oriental) ini bisa dicoba untuk disantap di rumah. Ikuti cara membuat kaldu ramen dari ayam dengan kuah yang begitu gurih dan bergizi berikut ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

2 sdm minyak wijen Jahe segar berukuran 3cm, iris tipis 2 siung bawang putih, iris tipis 2 bawang hijau, iris tipis, bagian putih dan hijaunya dipisahkan 2L (8 cangkir) kaldu ayam 80ml (1/3 cangkir) soy sauce 15 g (sekitar 6 batang) jamur shiitake kering utuh, direndam, dikeringkan 2 sendok makan sake (bisa diganti bumbu lain sesuai selera) 2 sendok makan mirin (bisa diganti bumbu lain sesuai selera) 2 potong (sekitar 500g) fillet dada ayam 270g mie somen kering 1 tongkol jagung, kernel (calon biji) dibuang 1 ikat choy sum, dipotong-potong 4 telur rebus, untuk penyajian

Taburan biji wijen pedas

1/2 lembar nori 1 sendok makan biji wijen 2 sendok teh serpihan cabe kering

Cara pembuatan:

Panaskan minyak dalam panci besar dengan api sedang. Tambahkan jahe, bawang putih dan bawang merah putih. Masak, aduk, selama 2 menit, hingga melunak. Tambahkan kaldu, soy sauce, jamur, sake dan mirin. Didihkan. Kurangi panas menjadi rendah.

Tambahkan fillet ayam ke dalam sup. Didihkan dengan perlahan selama 12-13 menit atau hingga ayam matang. Pindahkan ayam ke piring. Sisihkan selama 5 menit hingga dingin lalu iris ayam tipis-tipis. Saring campuran kaldu dengan saringan ke dalam mangkuk. Pisahkan jamurnya.

Sementara itu, masak mie dalam panci berisi air mendidih mengikuti petunjuk dalam kemasan atau hingga lunak. Tiriskan.

Kembalikan campuran kaldu ke panci di atas api sedang. Tambahkan jagung dan choy sum. Masak selama 2 menit, hingga sayuran empuk.

Untuk taburannya, panaskan penggorengan dengan api sedang. Masak nori selama 30 detik setiap sisinya atau hingga kering dan garing. Pindahkan ke piring. Tambahkan biji wijen dan cabe ke panci dan masak, aduk, selama 1-2 menit, hingga berwarna keemasan. Aduk nori hingga tercerai-berai ke dalam mangkuk. Tambahkan campuran wijen dan aduk hingga tercampur.

Bagikan mie, ayam dan jamur di antara mangkuk saji. Tuangkan campuran kaldu di atasnya. Tambahkan dengan telur pada masing-masing mangkuk dan taburi dengan bagian hijau dari bawang hijau dan taburan biji wijen pedas.