Share on

Jepang memang dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai hal unik, termasuk makanan. Nah, artikel ini akan membuatmu mengenal makanan-makanan lezat namun “aneh” dan unik yang mungkin akan membuatmu berpikir: “Orang-orang Jepang memakan benda itu?” Nah, makanan unik apa saja nih? Simak artikelnya untuk menemukan 5 makanan lezat dan unik Jepang serta tempat untuk menemukannya di Tokyo!

Advertise With Us

1. Basashi

makanan unik Jepang Tokyo japanesestation.com
Basashi (wow-j.com)

Basashi adalah makanan berupa daging kuda mentah yang diiris tipis dan dimakan dengan cara mencelupkannya ke kecap bersama jahe dan bawang putih Daging kuda memang telah lama dinikmati masyarakat Jepang, terutama di Kumamoto, area terbesar yang memproduksi daging kuda di Jepang. Biasanya, basashi dimakan sebagai snack saat memesan minuman beralkohol di izakaya. Rasanya memang enak, lembut, sedikit manis dan tak berbau sama sekali!

Jika ingin mencicipinya, datang saja ke Baka Uma. Di sini ada menu “Select Basashi 5-Piece Platter" berharga 2.490 yen saja! Isinya ada berbagai irisan basashi yang lezat! Tempatnya juga mudah dicapai lho, hanya 2 menit dari Stasiun Nishi-shinjuku-gochome!

2. Shirako

makanan unik Jepang Tokyo japanesestation.com
Shirako (wow-j.com)

Shirako adalah sperma ikan yang biasanya sih diambil dari ikan buntal, cod atau monkfish. Makanan unik ini biasanya kamu temukan sebagai salah satu bahan baku di berbagai makanan Jepang lain seperti sup, acar, masakan hot pot dan makanan bakar. Shirako juga kerap disajikan di restoran sushi dan izakaya di Jepang meski banyak orang asing yang menolak untuk memakannya karena bentuknya yang “unik.” Meskipun begitu, rasanya enak lho, teksturnya juga sangat lembut!

Ingin mencicipinya? Datang saja ke Gin, restoran yang hanya berjarak 3 menit jalan kaki dari Stasiun Kasai! Di sini, kamu bisa menikmati masakan shirako yang dibuat oleh chef berbakat. Menu jagoan di sini adalah Matara Shirako Ponzu (900 yen) yang dibuat dengan menggunakan ponzu (saus dari kecap dan jeruk), enak dan segar!

3. Karashi Mentaiko

makanan unik Jepang Tokyo japanesestation.com
Karashi Mentaiko (wow-j.com)

Karashi mentaiko adalah telur ikan cod yang dimarinasi dalam saus chilli pepper dan bahan-bahan lainnya. Makanan ini dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti diletakkan di atas nasi, dipanggang, atau dalam masakan hot pot.

Jika kamu ingin mencicipi karashi mentaiko, kunjungi saja Motsufuku Marunouchi Building Branch. Di sini, ada banyak masakan khas Fukuoka, termasuk karashi mentaiko. Nah, menu populer restoran ini, Japanese Black Beef Steak dan Hakata Uchikawa Mentaiko-zukushi Course akan menyajikan karashi mentaiko dalam berbagai bentuk, mulai dari dipanggang, hot pot hingga deep fried!

Berjalan saja selama 1 menit dari Stasiun Tokyo dan kamu akan menemukan restoran ini!

4. Suppon

makanan unik Jepang Tokyo japanesestation.com
Suppon (wow-j.com)

Suppon adalah sejenis kura-kura bercangkang lunak yang telah menjadi menu makanan di Jepang sejak zaman dulu. Makanan dengan bahan baku suppon dianggap sangat mewah karena nutrisinya dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Karena itu, suppon hanya bisa dinikmati di beberapa tempat saja.

Ingin mencoba memakannya? Datang saja ke Den'ichi Minami Shinjuku Branch yang terletak hanya 1 menit dari Exit 6 Stasiun Shinjuku. Di sini, kamu bisa menikmati masakan yang menggunakan suppon sebagai bahan bakunya. Cobalah memesan Premium Suppon Course (12,500 yen) dan nikmati suppon yang disajikan dalam varian berbeda, seperti digoreng dan dalam hot pot.

5. Hoya

makanan unik Jepang Tokyo japanesestation.com
Hoya (wow-j.com)

Hoya (sea squirt) adalah sejenis chordate yang kerap disebut sebagai keluarga ikan atau kerang, meski ternyata bukan keduaya. Meskipun begitu, hewan unik ini memiliki daging yang manis dan tebal, mengingatkanmu dengan kerang. Sebenarnya, ada lebih dari 2.000 jenis hoya di Jepang, meski hanya beberapa yang bisa dimakan.

Untuk menikmatinya, pergi saja ke Fuwari Nihonbashi Branch. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai masakan yang menggunakan hoya dari Pantai Sanriku. Menunya cukup banyak, misalnya Hoyasashi (mulai dari 830 yen) atau hoya sashimi dalam bahasa Inggris; Hoya Tempura (900 yen); dan Hoya Shabu-shabu, di mana bahan lain seperti ikan dan daging sapi diiris tipis dan dimasukkan ke dalam sup kaldu sebelum dimakan. Restoran ini hanya berjarak 1 menit jalan kaki dari Exit B1 di Stasiun Subway Nihonbashi. Mudah dijangkau kan?

Nah, itulah 5 makanan lezat dan unik Jepang yang bisa kamu temukan di Tokyo. Berani mencobanya?