Share on

Nagasaki memang dikenal sebagai kota yang memiliki hubungan internasional saat bagian Jepang lain menutup diri. Letaknya yang berada di dekat laut, membuatnya punya banyak hasil laut dan darat yang melimpah, menghasilkan berbagai makanan lezat dan unik. Nah, buat kamu yang mau jalan-jalan ke Nagasaki, JS punya daftar 5 makanan khas Nagasaki lho. Simak daftarnya yang dilansir dari Wow Japan berikut.

Nagasaki Champon

Nagasaki Champon (wow-j.com)
Nagasaki Champon (wow-j.com)

Pertama, ada Nagasaki Champon, mie dengan pengaruh Cina yang kental. Mie ini pertama kali dibuat dia sebuah restoran masakan Cina pada zaman Meiji (1868 - 1911) agar para siswa asal Cina dapat mengisi perut mereka dengan makanan murah tapi lezat. Mie ini sedikit berbeda dengan ramen dan biasanya diberi topping sayuran, daging babi, dan seafood dengan potongan besar.  Makanan ini bisa kamu temukan hampir di mana pun di Nagasaki, meski bukan restoran khusus. Rasa dan bahan-bahannya bisa berbeda sesuai dengan restorannya, jadi coba di berbagai restoran ya!

Sara Udon

Sara Udon (wow-j.com)
Sara Udon (wow-j.com)

Makanan khas Nagasaki satu ini bisa dibagi ke dalam 2 tipe: yang menggunakan lemak mie seperti champon lalu dibakar dengan topping-nya dan disajikan dalam sup, atau mie goreng yang diselimuti dengan saus tebal. Meskipun begitu, mie dengan lemaklah yang merupakan versi asli karena sebenarnya toko yang pertama kali membuat sara udon adalah toko yang sama dengan restoran Nagasaki champon di atas. Mereka membuat yakisoba dengan bahan yang sama dengan champon. Nah, mau coba yang mana dulu?  

Sasebo Burger

Sasebo Burger (wow-j.com)
Sasebo Burger, salah satu makanan khas Nagasaki (wow-j.com)

Sasebo dulunya merupakan rumah dari  pangkalan militer Amerika. Hasilnya, tempat ini juga menjadi rumah bagi hamburger yang dibuat menggunakan resep asal Amerika. Awalnya, hamburger ini hanya disajikan oleh restoran-restoran spesialis burger di area ini, tapi kini kamu dapat menemukannya di seluruh penjuru Jepang. Nah di Sasebo, ada sistem sertifikasi yang menilai dan membuktikan kalau sebuah restoran menggunakan bahan-bahan lokal dan hanya menyajikan burger handmade yang fresh. Burger Sasebo berukuran besar, isi dan saus bisa berbeda-beda tergantung restoran. Pilih saja sesukamu!

Shippoku Ryori

Shippoku Ryori (wow-j.com)
Shippoku Ryori (wow-j.com)

Shippoku ryori adalah masakan khas Nagasaki yang dikenal karena hubungannya dengan dunia internasional sementara daerah lain di Jepang tengah menutup diri dari orang asing. Jadi, semua orang duduk di sebuah meja bergaya Cina di mana makanan yang dibuat dengan menggabungkan makanan Jepang, Cina, dan Barat ini disajikan. Pertama akan ada ohire, kuah kaldu yan dibuat dengan menggunakan ikan air tawar yang di dalamnya terdapat sashimi, tempura, stewed pork, seafood, dan berbagai makanan lain. Menu ini berbentuk banquet meal sehingga cocok untuk dimakan bersama keluarga besar. Namun, di beberapa restoran, tersedia Shippoku Ryori yang lebih sederhana dan bisa kamu makan sendirian. Makanan ini lah yang paling cocok untuk menikmati berbagai varian makanan Nagasaki secara langsung.

Ikigyu

Ikigyu  (wow-j.com)
Ikigyu (wow-j.com)

Pulau Iki terletak di timur laut Kyushu. Di sini, ada sapi yang lahir dan dibesarkan di sini, itulah "Ikigyu”. Sapi-sapi Ikigyu dipelihara dengan diet kaya mineral, menghasilkan daging empuk dan memiliki tekstur marble/marmer yang sempurna. Daging ini tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya Salisbury steak, shabushabu, dan yakiniku yang bisa kamu pilih sesukamu.

Jangan sampai lupa coba kalau ke Nagasaki nanti ya!