Share on

Bagi yang mengamati sejarah Jepang, tentunya tidak asing dengan nama “Nagasaki”. Ya, kota inilah yang sempat dihancurkan dengan ledakan bom atom pada Perang Dunia II. Namun itu hanya masa lalu. Kini, Nagasaki sudah jadi kota pelabuhan tersohor di Jepang yang kaya akan tempat wisata menarik. Penasaran?

Advertise With Us

Dilansir dari Japan Guide, Nagasaki (長崎) merupakan kota pelabuhan atraktif yang berada di area Kyushu dan merupakan ibu kota dari Prefektur Nagasaki.

Meskipun dulu sempat menjadi kota kedua (setelah Hiroshima) yang hancur akibat bom atom pada Perang Dunia 2, kini Nagasaki berhasil menjadi kota pelabuhan yang berperan penting dalam perdagangan internasional. Sebelum menjadi kota pelabuhan tersohor seperti sekarang, Nagasaki juga merupakan salah satu dari sangat sedikitnya pelabuhan yang dibuka sebagai pusat perdagangan internasional ketika isolasi Jepang dahulu.

Nah, selain terkenal sebagai pusat perdagangan, Nagasaki juga punya banyak tempat wisata menarik. Apa saja?

The Nagasaki Peace Park & Nagasaki Atomic Bomb Museum

Nagasaki, Kota Pelabuhan Atraktif di Jepang
Peace Statue di Nagasaki Peace Park (japan-guide.com)

The Nagasaki Peace Park (平和公園, Heiwa Kōen) merupakan sebuah kompleks untuk mengenang perisitiwa pengeboman bom atom di Nagasaki pada 9 Agustus 1945 yang menghancurkan sebagian besar kota dan membunuh puluhan ribu penduduk di kota ini.  Kompleks ini terdiri dari 2 taman dan sebuah memorial museum.

Di tentag kompleks, ada Hypocenter Park  dengan tugu hitam sederhana yang melambangkan episentru, ledakan. Tidak jauh dari tempat itu, ada pilar rusak dari Urakami Cathedral yang hancur karena ledakan. Ada juga area yang memperlihatkan tumpukan tanah, genteng pecah, bata, dan pecahan kaca yang tersisa dari ledakan.

Nagasaki, Kota Pelabuhan Atraktif di Jepang
Hypocenter Park (japan-guide.com)

Jika berjalan sedikit ke atas bukit, kamu akan menemukan Nagasaki Atomic Bomb Museum (長崎原爆資料館, Nagasaki Genbaku Shiryōkan)  yang memiliki misi untuk menginformasikan tentang betapa mengerikannya perang. Di sebelah museum, berdiri sebuah memorial hall berdesain modern untuk mengenang para korban perang..

Di sebrang Hypocenter Park, ada Memorial Park yang terkenal dengan Peace Statue-nya yang ikonik. Di taman ini juga ada air mancur raksasa dan beberapa memorial lain yang dihadiahkan untuk kota ini. Monumen untuk mengenang korban asal Korea dan Cina juga ada di taman ini lho.

The Nagasaki Prefectural Art Museum  

Nagasaki, Kota Pelabuhan Atraktif di Jepang
The Nagasaki Prefectural Museum (japan-guide.com)

Buat yang suka dengan benda-benda seni, bisa coba datang ke The Nagasaki Prefectural Art Museum (長崎県美術館, Nagasaki-ken Bijutsukan), sebuah museum luas dengan arsitektur modern di dekat pelabuhan Nagasaki. Museum yang dirancang oleh arsitek kenamaan Jepang, Kuma Kengo ini menyimpan berbagai koleksi seni terkait dengan Nagasaki dan koleksi asal Perancis. Kadang-kadang, ada pameran temporer juga lho!

Museum yang bangunannya terbuat dari kaca dan batu ini punya beberapa galeri eksibisi.  Salah satu yang paling terkenal adalah The Suma Collection yang menampilkan karya seniman Perancis legendaris seperti Picasso.Tak hanya itu, ada beberapa koleksi yang menampilkan segala hal tentang Nagasaki yang diibuat oleh para seniman lokal.

Museum ini masih punya hal menarik lho, roof garden-nya! Taman ini terbentuk dari lahan berumput yang dipisahkan dengan jalan beraspal. Ingin berkunjung ke taman ini tanpa mengunjungi museum? Bisa! Masuk saja dari luar museum.