Ingin Membuat Masakan Jepang? Gunakan 6 Bumbu Ini!


Masakan Jepang

Sebelum memasak makanan hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah bumbunya, karena bumbu bisa menciptakan rasa yang berbeda. Begitu pula dengan masakan Jepang, pastinya memiliki bumbu-bumbu yang berbeda dengan masakan di Indonesia. Di Jepang ada beberapa bumbu yang sering digunakan oleh masyarakatnya dalam memasak masakan sehinggga menciptakan rasa yang khas dari negeri sakura. Jika kalian ingin memasak masakan Jepang dengan rasa yang sama dengan aslinya, bumbu-bumbu berikut ini bisa kalian coba.


1. Soy Sauce/Kecap Asin khas Jepang

 

Kecap asin merupakan bumbu dasar yang banyak digunakan di hampir semua makanan Jepang, seperti sashimi, sushi dan juga bahan utama untuk membuat saus ponzu yang digunakan untuk saus shabu-shabu dan yakiniku. Kecap ini terbuat dari fermentasi kedelai, air dan biji-bijian, seperti gandum, barley, atau beras.

Must Read  Kabar Gembira Untuk Pecinta Sake, Sekarang Sake di Jepang Ada Tax Free-nya!

2. Mirin

Mirin terbuat dari fermentasi beras yang ditambhakan gula, sehingga membuat kadar gula di dalam mirin lebih tinggi dibanding alkoholnya. Mirin memiliki rasa yang manis sehingga banyak digunakan untuk membuat saus, seperti saus untuk tempura dan teriyaki.

3. Miso

 

Bagi penyuka makanan Jepang mungkin sering mendengar kuah miso. Kuah miso sendiri terbuat dari miso yang merupakan salah satu bumbu tradisional yang juga masih digunakan sampai sekarang. Miso mengandung protein yang tinggi, kaya akan vitamin dan mineral, karena terbuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, dengan garam.

4. Sake

 

Dalam masakan Jepang, sake digunakan digunakan sebagai pengganti anggur. Bahan-bahan pembuat sake sama dengan bahan untuk membuat mirin yaitu terbuat dari beras, air dan Koji. Perbedaannya ada pada rasa dan bau yang kuat jika menggunakan sake.

5. Rice vinegar/Cuka beras

Cuka beras adalah salah bumbu penting untuk membuat sushi. Cuka beras terbuat dari fermentasi beras dan biasa digunakan untuk memberikan rasa asam yang tidak terlalu pekat pada makanan.

Must Read  Kabar Gembira Untuk Pecinta Sake, Sekarang Sake di Jepang Ada Tax Free-nya!

6. Dashi

Dashi adalah kaldu yang dibuat dari sari kombu dan katsuobushi yang dimasukkan ke dalam air mendidih, digunakan untuk memasak sup miso, ramen dan berbagai macam makanan berkuah lainnya. Dashi juga terbuat dari rumput laut dan serpihan ikan bonito kering sehingga menghasilkan rasa yang gurih (dalam bahasa Jepang disebut Umami).

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
2
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Ingin Membuat Masakan Jepang? Gunakan 6 Bumbu Ini!

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini