Share on

Berbelanja memang kegiatan biasa yang kita lakukan setiap hari. Namun jangan salah, berbelanja juga ada etikanya lho, termasuk ketika berbelanja di negara lain seperti Jepang. Nah, di bawah ini ada daftar etika berbelanja di Jepang yang wajib diketahui!

Advertise With Us

Etika Saat Mencoba Pakaian

etika berbelanja Jepang japanesestation.com
Etika mencoba pakaian (livejapan.com)

Sebelum mencoba pakaian, katakan terlebih dahulu ya ke para staf kalau kamu ingin mencoba pakaian pilihanmu. Setelah menginformasikan staf terkait berapa pakaian yang ingin kamu coba, pergilah ke fitting room. Jika tirai sebuah fitting room terututup, berarti seseorang tengah menggunakannya, jadi tunggu saja ya. Jika kamu ingin mencoba pakaian dengan model pull over seperti sweater, pastikan bajunya jangan sampai kotor terkena bekas lipstik atau make-up ya! Beberapa toko juga menyediakan face cover kok untuk mencegahnya.

Hanya Makan dan Minum Jika Diperbolehkan

etika berbelanja Jepang japanesestation.com
Ilustrasi makan (livejapan.com)

Di luar restoran, makan dan minum saat melihat merchandise biasanya dilarang karena dapat mengotori produk. Jadi, jangan coba-coba makan dan minum jika tidak diperbolehkan ya!  

Etika di Supermarket

etika berbelanja Jepang japanesestation.com
Ilustrasi berbelanja di supermarket (livejapan.com)

Saat di supermarket, cobalah untuk tidak sering menyentuh makanan segar. Saat menaruh kembali sebuah produk, jangan lupa kembalikan ke tempat kamu mengambilnya ya. Menekan produk dengan jari juga dianggap tidak sopan, jadi jangan dilakukan ya!

Mencoba Sampel Produk

etika berbelanja Jepang japanesestation.com
Ilustrasi mencoba sampel (livejapan.com)

Kamu bisa mencoba sampel sebuah produk dari beberapa toko di Jepang. Jika ingin mencobanya, ambillah satu sampel. Tapi jika kamu tidak tertarik untuk membeli produk itu, hindari mengambilnya ya!  

Etika Saat Menunggu di Konter

etika berbelanja Jepang japanesestation.com
Ilustrasi kasir di konter (livejapan.com)

Jika ada antrian, harus ikut mengantri ya dan jangan memotong antrian. Membuka produk sebelum membayar juga tidak diperbolehkan.

Jangan Mengambil Foto Jika Dilarang

Beberapa toko melarang pengunjung untuk memotret produk mereka. Jadi, tanyakan pada staf sebelum kamu mengambil foto dengan kamera atau smartphone-mu ya!

Nah, itulah etika berbelanja di Jepang. Hafalkan ya sebelum ke Jepang nanti!