Share on

Mungkin di antara kita banyak yang kebingungan dengan istilah dagashi, wagashi, dan okashi. Bagaimana dengan kalian? Tahukah kamu perbedaan antara dagashi, wagashi, dan okashi? Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa perbedaan antara ketiganya dan juga akan memperkenalkan kepada kalian produk paling populer dari ketiga kategori manisan atau cemilan ini.

Apa itu Dagashi?

Dagashi mengacu pada jenis manisan / cemilan termurah di pasar dan mirip dengan “penny candies” di Amerika. Istilah dagashi berasal dari kata "da" (futile/sia-sia) dan "kashi" (cemilan). Manisan ini sudah ada sejak Zaman Edo.

Semua dagashi tergolong murah dan memiliki kemasan yang sangat berwarna. Cemilan ini terkadang datang dengan kejutan dan sebagian besar ditujukan untuk konsumen anak-anak. Karena harganya sangat murah, anak-anak mampu membelinya dengan uang saku mereka. Harganya antara 10 yen sampai 200 yen dan beberapa yang paling populer adalah Umaibo, Karinto, Ramune, dan Kabayaki.

Umaibo (skoshbox.com)
Umaibo (skoshbox.com)

Dagashi dapat dibeli dari toko khusus yang disebut "Dagashiya" dan mereka datang dalam berbagai rasa, yang menjadi salah satu alasan mengapa makanan ringan Dagashi begitu dicintai oleh anak-anak dan orang dewasa. Kabayaki, khususnya, adalah contoh bagus dagashi yang disukai semua generasi. Kabayaki memiliki rasa manis, pedas, asin, dan bahkan asam. Para orang dewasa suka memasangkannya dengan bir atau sake.

Kabayaki (thespruceeats.com)
Kabayaki (thespruceeats.com)

Apa itu Wagashi?

Istilah Wagashi berasal dari kata "wa" (Jepang) dan "kashi" (cemilan). Wagashi adalah manisan tradisional Jepang dan kebanyakan dibuat dengan pasta kacang azuki.

Kuzu Mochi (travel.gaijinpot.com)
Kuzu Mochi (travel.gaijinpot.com)

Manisan wagashi yang paling populer adalah mochi (kue beras), daifuku (mochi yang diisi dengan pasta kacang merah), anmitsu (jelly cubes), dorayaki (dua pancake mini dengan pasta kacang merah di dalamnya) dan dango (kue lengket).

Ichigo Daifuku (justonecookbook.com)
Ichigo Daifuku (justonecookbook.com)

Wagashi terlihat menyenangkan secara estetika dan kapan pun musim berubah, kombinasi manisan Jepang ini juga berubah. Wagashi adalah pasangan yang terbaik dengan teh Jepang dan selain penampilannya yang indah, rasanya unik serta lezat.

Apa itu Kashi / Okashi?

Okashi adalah kata dalam bahasa Jepang untuk manisan, makanan ringan, atau cemilan. Dagashi dan wagashi semuanya adalah jenis okashi (cemilan, permen, manisan). Beberapa okashi (cemilan) yang paling populer adalah Pocky, Kit Kat, keripik kentang Royce Chocolate, Tokyo Banana, dll.

KitKat Sakura Mochi (https://soranews24.com/2020/02/21/new-japanese-kitkats-feature-sakura-sake-and-a-traditional-cherry-blossom-dessert/)
KitKat Sakura Mochi (soranews24.com)

Kami harap penjelasan di atas dapat menjelaskan istilah dagashi, wagashi, dan okashi. Semoga teman-teman semua mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang artinya dan tidak lagi kesulitan membedakan ketiganya ya!