Share on

Distrik Fushimi, Kyoto memang dikenal dengan Kuil Fushimi Inarinya, tetapi, distrik Fushimi ini juga menjadi daerah penghasil sake terbesar kedua di Jepang. Distrik ini adalah surganya nihonshu (wine beras) yang sudah berdiri berabad-abad.

Advertise With Us

Hingga kini, Fushimi sudah menjadi daerah penghasil nihonshu terbesar kedua di Jepang, dengan adanya sekitar 40 produsen sake yang bisa ditemukan disini. Dengan pemandangan yang menenangkan, bangunan-bangunan dengan gaya tradisional, kuil, dan juga aliran sungai yang mengalir perlahan, lokasi ini memberikan banyak hal yang bisa kalian jelajahi.

Distrik Sake Fushimi, Surga Nihonshu di Kyoto
(gambar: japan-guide)

Banyak produsen sake disini yang sudah mengintegrasikan museum sebagai salah satu fasilitas yang diberikan di rumah produksinya. Kalian juga bisa mampir langsung ke kebun-kebun produksi dan mencicipi langsung beragam jenis sake yang ada disini.

Gekkeikan Okura Sake Museum yang dibuka oleh produsen sake tertua yang ada di distrik ini akan membawa kalian melihat sejarah sake dari cara pembuatannya. Disini, kalian akan dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan nihonshu secara lebih detail.

Distrik Sake Fushimi, Surga Nihonshu di Kyoto
(gambar: japan-guide)

Selain museum tersebut, ada beberapa rumah produksi lain yang cukup terkenal, seperti Fushimi Yume Hyakushu, Aburacho dan Kizakura Kappa Country. Kalian juga bisa menemukan restoran, seperti Fushimi Yume Hyakushu Cafe yang menyediakan makanan tradisional, serta sake yang beragam.

Distrik Sake Fushimi, Surga Nihonshu di Kyoto
(gambar: sharing-kyoto)

Fushimi itu sendiri memiliki arti "air tersembunyi" atau "air rahasia" dinamakan seperti itu, karena air yang mengalir disini dikenal dengan kualitasnya yang tinggi. Jikkokubune (perahu) yang membawa kalian berkeliling melewati tiga sungai yang saling bertemu di wilayah ini juga bisa menjadi pilihan untuk bersantai setelah berkeliling mencoba berbagai macam sake.

Sebagai pelengkap, kalian juga dapat mengikuti Fushimi Nihonshu Festival yang diadakan setiap tahunnya. Pada umumnya, festival ini dilaksanakan pada musim semi, tetapi tanggal pastinya selalu berbeda setiap tahunnya, jadi, rencanakan dulu sebelum berkunjung ya. Festival ini merupakan saat yang tepat untuk kalian mencicipi lebih dari 30 jenis nihonshu lokal yang diproduksi disini. Tapi ingat, minumlah sewajarnya! Untuk info lebih lanjut mengenai tanggal pasti festivalnya, bisa langsung kunjungi website ini.

Fushimi Sake District Alamat : 115 Nayamachi, Fushimi-kuKyoto 612-8057, Kyoto

  featured image : insidekyoto sumber : japan-guide, gaijinpot