Share on

Tidak hanya terkenal dengan anime dan manga, Jepang juga terkenal dengan urban legend-nya yang menyeramkan. Cerita-cerita urban lengend dari Jepang biasanya bermacam-macam dan berakhir dengan kematian. Berikut adalah beberapa cerita urban legend dari Jepang yang sangat menyeramkan dan akan membuatmu susah tidur.

1. Topeng Noh

Urban Legend Jepang yang Akan Menghantui Tidurmu
Topeng Noh ini memiliki ekspresi yang berbeda beda jika dilihat dari berbagai sudut (scoopwhoop.com)

Noh adalah salah satu seni teater tradisional asal Jepang. Para pemainnya biasanya berperan sambil mengenakan topeng, dan topeng Noh ini dianggap bersifat supranatural. Yang uniknya, Topeng ini memiliki berbagai macam ekspresi wajah dalam satu topeng, bisa terlihat ketika kamu melihatnya dari sudut yang berbeda. Dikatakan bahwa jika disimpan di rumah, topeng ini akan menarik energi negatif dari sang pemilik sampai mereka benar-benar termakan habis, dan jiwa mereka akan terperangkap dalam dimensi lain yang penuh dengan rasa sakit.

2. Teke Teke

Urban Legend Jepang yang Akan Menghantui Tidurmu
Teke Teke, urban legend menyeramkan dari Jepang (scoopwhoop.com)

Dinamai ‘Teke-Teke’ suara ketukan yang dibuat oleh hantu ini saat bergerak. Teke Teke adalah hantu wanita yang tubuhnya secara tidak sengaja jatuh ke rel di stasiun kereta bawah tanah dan terpotong menjadi dua. Kemarahannya sebelum kematiannya terjadi sangat kuat sehingga dia masih berkeliaran untuk balas dendam. Legenda mengatakan bahwaia membunuh korbannya menggunakan sabit, dan mereka yang mati karena sabitnya akan menderita nasib yang sama dengannya.

3. Puisi Tomino

Urban Legend Jepang yang Akan Menghantui Tidurmu
Puisi terkutuk, Tomino's Hell, urban legend Jepang (scoopwhoop.com)

Salah satu urban legend Jepang yang paling populer adalah tentang sebuah puisi yang disebut Tomino’s Hell (Neraka Tomio). Dikatakan bahwa kamu hanya harus membaca puisi tersebut dengan pikiran, dan jangan pernah membacanya dengan suara keras. Jika kamu membacanya dengan keras, kamu akan mati. Cerita tentang puisi ini dulunya sangat populer di situs anonimus 2ch, dan ada banyak orang yang memposting foto dan video mereka di 2ch saat sedang membaca puisi ini sebagai bukti. Ada banyak pengguna yang mengatakan bahwa tidak ada yang terjadi, tetapi ada banyak juga pengguna yang tidak pernah kembali setelah memposting hal itu.

4. Gozu (Kepala Lembu)

Urban Legend Jepang yang Akan Menghantui Tidurmu
Gozu, cerita seram yang berawal dari abad ke-17 di Jepang (scoopwhoop.com)

Gozu adalah cerita ditemukan dalam sastra Jepang selama abad ke-17. Dikatakan bahwa mereka yang membaca atau menceritakan kembali cerita tersebut maka pikiran mereka akan terperangkap dalam dimensi lain, tak lama sebelum akhirnya mereka mati.

5. Kunekune

Urban Legend Jepang yang Akan Menghantui Tidurmu
Kunekune, penampakan di sawah (scoopwhoop.com)

Kunekune adalah urban legend Jepang di mana seseorang akan melihat penampakan di sawah atau gandum dari jarak yang jauh pada musim panas. Penampakan itu akan bergerak-gerak pelan seolah-olah digerakkan oleh hembusan angin yang kencang, bahkan meskipun pada hari itu tidak ada angin. Diceritakan bahwa siapa pun yang mencoba untuk melihat lebih dekat akan menjadi gila atau mati ketika menyentuhnya.

6. Wanita Dalam Celah

Urban Legend Jepang yang Akan Menghantui Tidurmu
Urban legend Jepang tentang hantu wanita dalam celah (scoopwhoop.com)

Takhayul Jepang mengatakan bahwa roh dari orang-orang yang sudah mati akan hidup di antara celah-celah seperti di antara perabotan atau di pintu yang sedikit terbuka. Jika kamu menemukan seorang wanita yang mendiami sebuah celah, ia akan mengajakmu untuk bermain petak umpet. Tapi, ketika sedang bermain, jika kamu melihatnya lagi, kamu akan dikirimnya ke neraka.