Share on

Bagi yang pernah menonton salah satu anime bertemakan horror Jigoku Shojou (Gadis Neraka) mungkin tidak asing dengan kereta kuda yang mengantarkannya kepada orang yang telah memanggilnya. Pada bagian rodanya terlihat sebuah potongan kepala dengan api yang mengelilingi sekitar roda. Yokai tersebut ternyata bernama Wa Nyudo yang merupakan seorang raksasa yang kepalanya terjebak dalam roda kereta kuda. Kepalanya dicukur seperti seorang biarawan yang bertobat atas dosanya selama masih hidup.

Yokai ini merupakan pelayan neraka yang sering turun ke bumi untuk mencari mangsa yang terdiri dari orang-orang jahat. Mereka merasa menderita selama di neraka makanya mereka berkeliling ke bumi mencari korban yang nantinya akan dikirim ke neraka. Pencarian mereka sebenarnya merupakan salah satu cara penebusan dosa selama mereka di bumi, makanya korban yang diteror dan dibawa merupakan orang-orang jahat seperti yang pernah terlibat dalam kasus kriminal, korupsi bahkan orang biasa pun dapat diculik untuk dikirim ke neraka dan dikutuk.

Mengenal Wa Nyudo, Yokai Kepala Buntung Dalam Anime Jigoku Shoujo
(penampakan yokai Wa Nyudo, sumber: Yokai.com)

Mitosnya, jika wa nyudo terlihat di sebuah perkampungan maka aka nada hal buruk terjadi, entah itu kutukan bahkan hingga menyangkut dengan nyawa. Ia akan menyerang para warga dan mencabik-cabik tubuhnya. Makanya, untuk lebih berhati-hati dan melindungi diri biasanya orang-orang melindungi rumahnya menggunakan mantra-mantra tertentu supaya yokai tersebut merasa jiji dan tidak mendekat.

Ada satu cerita terkenal di Kyoto tentang yokai ini, pada suatu malam seorang wanita mengintip keluar jendela saat Wa Nyudo melewati wilayahnya. Alih-alih mencoba melindungi diri dengan mebaca mantra, wanita tersebut malah ditegur oleh yokai karena anaknya telah menjadi korban Yokai tersebut. Betapa kagetnya wanita tersebut melihat jadsad bayinya yang telah tercabik dan berlumuran darah di depan rumahnya.

Dalam anime Jigoku Shoujo, yokai ini muncul ketika Enma Ai yang merupakan gadis neraka pergi menemui sang korban yang telah melepas benang merah dari boneka jerami untuk membuat perjanjian. Kemudian Ai dan ajudan lainnya pergi menggunakan kereta gerobak yang dimana di bagian rodanya terdapat kepala manusia yang diselimuti oleh api yang sebenarnya adalah api neraka. Wajahnya terlihat antagonis dengan mata yang melotot seperti orang marah.