Share on

Setelah natal berakhir di Jepang masih ada event yang sangat ditunggu kehadirannya selama satu tahun ini. Event tersebut adalah Oshogatsu atau perayaan tahun baru di Jepang. Dimana seluruh masyarakat Jepang berbondong-bondong pulang ke rumah dan pergi ke kuil bersama keluarga. Tujuannya untuk mendapatkan berkat di tahun yang baru dan berrterimakasih atas berkah yang telah diterima pada tahun sebelumnya. Tentu saja, mereka minta diberkahi dalam berbagai hal seperti pekerjaan, keluarga, sekolah, dan bahkan jodoh.

Advertise With Us

Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa kuil yang terkenal di saentero Jepang mengenai keberkahannya dalam urusan cinta. Banyak orang Jepang yang ingin bertemu dengan jodohnya atau bahkan cintanya terbalas yang mengunjungi kuil-kuil ini. Penasaran? Berikut ulasannya :

◎Tokyo Daijingu / Tokyo
Kuil Gampang Jodoh Di Jepang yang Ramai Dikunjungi Saat Tahun Baru
(image : Tokyo Daijingu Official Web)

Tokyo Daijingu disebut juga dengan nama 'O-Ise-sama di Tokyo' dimana para dewa-dewa bersemayam termasuk: Amaterasu-Sume-OhkamiToyouke-no-Ohkami, dan Yamatohime-no-mikoto yang  merupakan dewa yang bertanggung jawab atas penciptaan dan pertumbuhan segala sesuatu. Dengan kekuatan dari ketiga dewa tersebut, Tokyo Daijingu sangat populer sebagai tempat suci untuk mendapatkan jodoh dan tempat melangsungkan pernikahan. Karena kepopulerannya tersebut, jumlah kaum muda yang mengunjungi kuil ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

 
◎Kawagoe Hikawa Shrine / Saitama
Kuil Gampang Jodoh Di Jepang yang Ramai Dikunjungi Saat Tahun Baru
(image : Gurdrug Livejournal )

Dikenal sebagai 'kuil cinta', Kawagoe Hikawa di Saitama menarik banyak kaum muda yang lelah mencari pertolongan untuk menemukan pasangan impian mereka. Selain tahun baru, pada saat musim panas kuil ini pun sangat populer dikunjungi. Dimana masyarakat Jepang percaya karena atmosfir malam musim panas yang panas dan cahaya yang indah aura cinta pun akan bertebaran dimana-mana.

 
◎Suzumushidera / Kyoto
Kuil Gampang Jodoh Di Jepang yang Ramai Dikunjungi Saat Tahun Baru
(image : amino japan)

Kuil yang berada di kawasan Arashiyama, Kyoto ini memang jarang dikunjungi oleh turis asing, tapi sangat populer di kaum muda Jepang. Kuil ini dikatakan memiliki kekuatan khusus untuk membuat "simpul cinta sejati"! Dimana penjaga kuil akan memberikan khotbah menarik dan menghibur. Jimat kebahagiaan dari kuil ini pun sangat populer. Selain itu, banyak pengunjung uang memberikan permintaan khusus kepada patung Ojizo-san yang mengenakan sendal jerami atau waraji. 

 
◎Senkō-ji / Hiroshima
Kuil Gampang Jodoh Di Jepang yang Ramai Dikunjungi Saat Tahun Baru
(image : Travelliker)

Gunung senkouji ini dikatakan telah dibangun semenjak 1600 tahun yang lalu oleh Ryomen Sukuna, yang keluarganya memiliki kekuatan dan kekayaan militer yang besar. Kuil ini merupakan kuil buda yang menganut tiga prinsip utama. Tiga prinsip itu adalah "kebenaran, kebaikan dan keindahan" yang telah dianut dan diterapkan secara tradisional oleh orang Jepang. "Kebenaran" tercermin dalam cara hidup yang benar-benar mengejar kemurnian pikiran. "Kebaikan" adalah prinsip besar untuk melakukan perbuatan baik, tidak melakukan kejahatan dan tidak melakukan perbuatan jahat kepada orang lain. "Keindahan" adalah kebajikan yang tercermin dalam cinta alam, hewan dan tumbuhan. Semua ini menghasilkan hubungan yang harmonis satu sama lain.

 
◎ Saijō Inari / Okayama
Kuil Gampang Jodoh Di Jepang yang Ramai Dikunjungi Saat Tahun Baru
(image : JapanHoppers.com)

Menurut legenda Saijo Inari didirikan oleh seorang biksu bernama Ho-on Daishi pada abad ke-8. Kemudian dibuat menjadi kuil Tendai bernama Myokyo-ji. Kemudian berubah sekte dan menjadi kuil Nichiren di abad ke-16. Kuil Inari adalah tempat suci yang paling umum di seluruh Jepang. Karena merupakan tempat tinggalnya dewa panen, selama berabad-abad Inari dipercaya banyak kelompok sebagai pembawa berkah dalam urusan membuat sake, pernikahan, dan juga perdagangan. Banyak anak muda yang berdoa di kuil ini untuk masalah cinta mereka. Selain itu kuil ini pun dikenal sangat indah dan merupakan kuil yang berada di tempat lahir tokoh legenda Momotaro.

Bagaimana ? Ada yang tertarik untuk mengunjungi kelima kuil gampang jodoh di atas? Mungkin aja ketemu sesama pencai jodoh ya guys!

(featured image : Gurdrug Livejournal)