Share on

Siapa sih yang gak tahu ramen? Masakan mie lezat ini memang salah satu makanan Jepang paling populer dan bisa kamu temukan di manapun, bahkan di Indonesia! Tapi, kira-kira bagaimana ya perjalanan ramen hingga menjadi populer seperti saat ini? Yuk, kita telusuri!

Advertise With Us

Sejarah

ramen terlezat di tokyo
Miso Ramen di Restoran Hanamichi seharga 850 yen (timeout.com)

Ramen sebenarnya berasal dari Cina dan masuk ke Jepang pada awal abad ke-20. Namun, di sinilah perdebatan dimulai. Ada yang mengatakan bahwa mie ini dibawa oleh migran dari Cina yang berlabuh di selatan Jepang, tepatnya di Kurume, dekat dengan Fukuoka. Namun, sumber lain mengatakan bahwa seorang koki asal Cina yang tinggal di Yokohama mencoba menarik perhatian pelanggan dengan memberi mie masakannya sentuhan Jepang dengan memadukannya dengan kaldu yang lezat dan gurih.

Kepopuleran ramen mulai meningkat pada tahun 1920 hingga 1930-an akibat meningkatnya kehidupan industri modern Jepang. Masakan lezat ini menjadi murah, berisi, dan bernutrisi tinggi bagi para penduduk kota, membuatnya dicintai semua orang. Sayangnya, keterbatasan makanan selama perang pada tahun 1940-an membuat produksi ramen terbatas. Meskipun begitu, popularitasnya kembali meningkat setelah Perang Dunia II selesai, saat tentara Amerika mengirimkan suplai tepung terigu darurat ke Jepang, membuat konsumsi ramen kembali tinggi. Mie dari tepung terigu menjadi pengganti nasi saat itu.

Evolusi Ramen

ramen jepang japanesestation.com
Cup ramen (pakutaso.com)

Sejarah ramen mulai berubah setelah ditemukannya ramen instan pada tahun 1958 oleh Momofuku Ando. Ando menemukan bahwa dengan menggoreng mie dan mengeringkannya, membuat mie menjadi lebih awet. Tak lama kemudian, ia membangun Nissin Foods dan mulai memperkenalkan ramen instan kemasan pertama pada konsumen. Dan pada tahun 1980, mie instan mulai membuktikan kepopulerannya di kancah global dngan harganya yang terjangkau dan kepraktisannya. Kepopuleran ramen pun terus meningkat. Pada tahun 1990, ramen regular mulai dinobatkan sebagai salah satu makanan paling trendi di Jepang dan menjadi makanan favorite para foodies dan hipster. Di saat yang sama, chain dan restoran ramen mulai menjamur. Begitu pula majalah, travel guide, dan TV show yang mulai memberi informasi tentang berbagai kedai ramen terenak di Jepang, Tak butuh waktu lama, ramen pun menjadi salah satu identitas budaya Jepang yang dikenal di seluruh dunia!

Nah, itulah sejarah singkat tentang bagaimana ramen bisa menjadi populer di Jepang!

Sumber:

Tokyo Creative

Japan Experience