SHARE THIS ARTICLE

renjishi kabuki dollsAda berbagai macam boneka tradisional Jepang, kadang-kadang diklasifikasikan oleh bagaimana mereka dibuat, atau juga dari apa yang mereka wakili. Kebanyakan dari mereka mudah untuk diidentifikasi, misalnya saja boneka geisha, wanita bangsawan atau samurai, tetapi ada juga sebagian yang mewakili karakter yang kurang dikenal dari budaya tradisional Jepang, seperti boneka Hina Matsuri, atau boneka Ichimatsu.

Boneka dari foto di atas sangat populer di Jepang, namun apa yang mereka wakili? Tentu saja mereka mewakili karakter Kabuki, tetapi apa cerita di baliknya?

Mereka adalah karakter dari Renjishi atau pertunjukan Kabuki Lion Dance (Tarian Singa). Ini mungkin terdengar agak aneh, tetapi mereka bukanlah manusia. Mereka mewakili singa, lebih tepatnya lagi mewakili shishi, mahluk mitos seperti singa. Boneka berwarna putih adalah sang ayah, sementara boneka berwarna merah mewakili sang anak singa. Di bawah ini adalah sebuah video untuk sedikit menjelaskan pertunjukan Kabuki yang dimaksud:

Source : Muza-chan's Gate to Japan
COMMENT