SHARE THIS ARTICLE

gimbapdalam (1)

Karena letaknya berdekatan, Korea dan Jepang memiliki beberapa kemiripan kuliner. Salah satunya adalah gimbap, makanan yang tampak mirip sushi. Sebenarnya kedua makanan tersebut punya beberapa perbedaan.

Gimbap atau kimbap adalah makanan populer di Korea yang terbuat dari nasi putih (bap) yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim, biasa dikenal dengan nama nori dalam Bahasa Jepang. Gimbap lalu dipotong-potong dengan ukuran sekali suap.

Nasi dan rumput laut adalah dua bahan dasar gimbap. Isinya bisa bervariasi. Namun biasanya terdiri dari sumber protein (fish cake, daging kepiting imitasi, telur, atau daging sapi) dan sayuran (mentimun, bayam, wortel, atau acar lobak).

Gimbap memang terinspirasi dari sushi gulung yang dibawa ke Korea pada masa kependudukan Jepang. Namun, gimbap berbeda karena nasinya dibumbui minyak wijen, bukan cuka beras seperti sushi. Saat mencicipi keduanya, Anda akan merasakan perbedaan rasanya.

Isi gimbap yang mengandung acar juga membuat gimbap terasa agak asam, berbeda dengan sushi yang agak amis karena menggunakan daging ikan mentah. Selain itu, gimbap lebih mirip futomaki daripada makizushi, jenis sushi yang paling populer di Indonesia. Diameter gimbap cenderung lebih lebar karena mengandung lebih banyak isi dan dipotong lebih tipis.

Selain gimbap reguler, ada juga variasi gimbap. Salah satunya adalah samgak gimbap yang berbentuk segitiga dan dijual di minimarket di Korea Selatan. Makanan ini dikenal dengan nama onigiri di Jepang. Ada pula chungmu gimbap yang hanya berisi nasi, biasanya disajikan bersama baby octopus berbumbu pedas serta kimchi lobak.

Source : food.detik
COMMENT