Share on

Untuk kalian yang masih pemula dalam mempelajari bahasa Jepang, apakah cara terbaik untuk menguasai bahasa asing tersebut? Menghafal kosakata, berbicara dengan orang Jepang, belajar dengan buku, semua cara mungkin berguna. Namun adakah cara yang lebih menyenangkan? Menonton anime Jepang adalah salah satu metode yang paling menyenangkan untuk belajar bahasa Jepang, dan tidak sedikit penutur asli Jepang yang belajar bahasa Jepang melalui anime atau terinspirasi untuk belajar bahasa Jepang dikarenakan budaya pop Jepang.

Kalian dapat belajar tidak hanya keterampilan mendengarkan, tetapi juga mengetahui budaya dan kehidupan sehari-hari di Jepang dengan menonton anime. Beberapa orang tertarik untuk belajar bahasa Jepang karena mereka ingin melihat anime favorit mereka sambil mendengarkan dan memahami tutur kata seiyuu karakter anime favorit mereka. Anime sendiri semakin populer akhir-akhir ini di seluruh dunia.

Hari ini, JS akan memperkenalkan 7 anime terbaik untuk belajar bahasa Jepang, dari seri yang terkenal hingga judul-judul baru yang trendi. Anime populer belum tentu terdaftar di sini karena beberapa dari mereka menggunakan kata-kata Jepang yang tidak digunakan di dunia nyata. Kalian dapat mempelajari istilah Jepang yang umum digunakan di anime yang direkomendasikan di bawah ini. Tonton anime berulang kali dan kuasai keterampilan berbahasa Jepang.

1. Pokemon

Pokemon, yang juga dikenal sebagai Pocket Monster di Jepang, adalah salah satu anime dan video game paling populer di antara anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia. Pokemon sangat disarankan untuk ditonton guna mempelajari bahasa Jepang, karena balita sekalipun dapat menikmati ceritanya. Kalian dapat mendengarkan frasa Jepang reguler dan percakapan sehari-hari di anime Pokemon, meskipun nama setiap gerakan Pokemon mungkin memiliki sedikit nilai praktis dalam bahasa Jepang.

Tingkat kesulitan: ★ ☆☆

Genre: anak-anak, keluarga, petualangan

2. My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro, salah satu film Studio Ghibli yang paling terkenal, dan dicintai terutama oleh anak-anak di seluruh dunia sejak lama. Anime ini berkisah tentang sebuah keluarga yang terdiri atas dua karakter utama, Satsuki dan Mei, yang pindah ke desa. Hamparan pedesaan jarang terlihat di masa kini, tetapi kalian dapat mempelajari kata-kata Jepang standar yang mudah dikuasai sementara karakter unik seperti Totoro adalah fiksi.

Tingkat kesulitan: ★ ☆☆

Genre: anak-anak, keluarga, fantasi

3. Shirokuma Cafe (Cafe Beruang Kutub)

Shirokuma Cafe a.k.a. Polar Bear Cafe, adalah salah satu anime terbaik untuk pelajar Jepang. Anime komedi yang awalnya dibuat sebagai manga, diangkat menjadi adaptasi anime dengan 50 episode pada tahun 2012-2013. Anime ini terdiri dari percakapan topik acak dengan hewan termasuk beruang kutub, panda dan penguin. Anime yang mewakili kehidupan sehari-hari orang Jepang dan bagaimana orang Jepang berbicara. Shirokuma Cafe sendiri adalah anime yang kurang dikenal bagi orang asing tetapi sangat disarankan untuk belajar bahasa Jepang praktis.

Tingkat kesulitan: ★ ☆☆

Genre: slice of life, komedi

4. Kiki’s Delivery Service

Pilihan tepat menjadikan film anime Studio Ghibli yang terkenal untuk membiasakan diri dengan bahasa Jepang, dan Kiki’s Delivery Service adalah salah satu yang terbaik di antara mereka. Film ini telah ditonton oleh orang dewasa dan anak-anak sejak dirilis pada tahun 1989. Bagi mereka yang ingin menghindari bersandar pada kata-kata “kekinian” dan slangs, anime ini sangat cocok untuk kalian. Dengan percakapan gadis penyihir berusia 13 tahun dan kucingnya yang dapat berbicara dengannya, kalian dapat mengetahui berbagai frasa bahasa Jepang.

Tingkat kesulitan: ★ ☆☆

Genre: slice of life, komedi

5. Kimi no Na wa

Kimi no Na wa, merupakan salah satu film anime paling sukses setelah tahun 2000-an, dan layak ditonton untuk belajar bahasa Jepang. Karya besar dari Makoto Shinkai yang terkenal, menggambarkan kehidupan sehari-hari remaja di Jepang dalam anime ini. Karakter-karakter yang lincah berbicara dengan kata-kata Jepang berbasis realitas, sementara anime ini sendiri didasarkan pada tema fantasi. Kecepatan dan kosakata percakapan dalam keseluruhan cerita tidak mudah, tetapi kalian dapat mencapai standar penutur asli bahasa Jepang jika kalian memahaminya.

Tingkat kesulitan: ★★ ☆

Genre: fantasi, slice of life

6. K-On!

Untuk belajar bahasa Jepang dengan menonton anime, salah satu genre terbaik yang harus kalian pilih adalah slice of life, yang menggambarkan kehidupan alami dan nyata, alih-alih adegan pertempuran yang kuat dan kekuatan gaib. K-On! jauh lebih populer daripada anime slice-of-life lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa gadis sekolah menengah di klub band sekolah yang sama melakukan percakapan santai. K-On! menawarkan banyak kesempatan untuk belajar humor Jepang dan konteks anak muda di samping frasa dasar.

Tingkat kesulitan: ★★ ☆

Genre: slice of life

7. Bakemonogatari

Bakemonogatari, merupakan season pertama dari serial anime populer Monogatari Series, sangat cocok untuk pelajar bahasa Jepang tingkat lanjut. Apa yang membuat anime ini begitu populer adalah percakapan cerdas dari karakter unik yang menarik. Bocah SMA Koyomi Araragi berbicara dengan beberapa heroine dan bermain dengan kata-kata. Tidak terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa kalian tidak perlu belajar bahasa Jepang lagi jika kalian sudah mampu mengikuti percakapan mereka.

Tingkat kesulitan: ★★★

Genre: fantasi, slice of life, komedi

Jajaran anime yang diperkenalkan di atas sempurna untuk tidak hanya belajar bahasa Jepang tetapi juga menikmati ceritanya. Cobalah untuk menonton yang cocok untuk level Jepang kalian, karena level kesulitan diberikan untuk masing-masing anime. Tidak dapat dipungkiri, kalian dapat belajar bahasa Jepang dengan ditemani anime favorit.