Share on

‘Maid’ merupakan julukan untuk karakter yang menggunakan pakaian pelayan Eropa dan memiliki banyak fans tersendiri di kalangan otaku. Hal ini bukan hanya dikarenakan pakaiannya yang khas dan terlihat cantik (bahkan bisa terlihat seksi), namun juga karena karakter maid umumnya memiliki perangai yang anggun, telaten, sopan, ramah, sehingga terlihat karismatik di mata penggemarnya. Bahkan saking dicintainya, tanggal 10 Mei dicetuskan sebagai Hari Maid di Jepang. Maka dari itu JS membuat daftar 10 karakter maid terfavorit berdasarkan survey yang dibuat Honeys Anime. Apakah salah satunya adalah karakter favorit kamu? Yuk langsung saja kita cek nama-namanya!

Advertise With Us

Mei-Rin dari Black Butler (Kuroshitsuji)

Ciel Phantomhive, menjadi pewaris tak terduga kekayaan keluarganya setelah sebuah insiden kelam membuatnya menjadi yatim piatu. Selain didampingi seorang butler iblis yang membantunya membalas dendam, Ciel juga memiliki maid yang setia di sampingnya, Mei-Rin. Dia adalah pelayan rumah yang mudah gugup, imut dan berkacamata, namun benar-benar mengerikan dalam pekerjaannya. Alasan Mei-Rin ada dalam daftar karakter maid terfavorit karena dia sangat menggemaskan, sepenuhnya mengabdi untuk tuannya Ciel, dan melakukan semua hal yang diminta Sebastian sang Butler. Selain itu fakta bahwa dia memiliki masa lalu rahasia yang keren sebagai penembak jitu bad-ass memberinya poin bonus!

Mey-Rin (cbr.com)
Mey-Rin (cbr.com)

Roberta dari Black Lagoon

Keluarga Lovelace adalah keluarga Amerika Selatan yang kuat. Roberta adalah pelayan mereka selama beberapa tahun dan meskipun keterampilannya sebagai pelayan bukanlah yang terbaik, ia memiliki pengabdian yang tak tertandingi terhadap tuan dan putranya, serta akan melakukan apapun untuk menjaga mereka tetap aman. Untungnya, dia adalah mantan teroris sekaligus pembunuh bayaran, dan mungkin salah satu wanita terkuat yang paling mematikan dalam seri ini. Itu sebabnya, meskipun dia memiliki kekurangan dalam skill pembantu yang sebenarnya, kalian pasti tidak akan berani membantah Roberta kalau dirinya bukan maid yang baik, betul?! ^^

Roberta (honeysanime.com)
Roberta (honeysanime.com)

Miyuki Kujou dari Shomin Sample

Seikain Academy adalah sekolah khusus perempuan yang dihadiri oleh wanita muda masyarakat kelas atas. Untuk memudahkan para gadis terjun ke dunia nyata, sekolah memutuskan untuk membawa “Sampel Biasa”. Masuknya Kimito Kagurazaka, seorang bocah lelaki yang disangka gay pencinta otot, menjadikannya sempurna sebagai sampel, karena ia tidak menimbulkan ancaman bagi para wanita. Namun, dia benar-benar tidak menyukai pria sama sekali, apalagi yang berotot! Apa yang akan terjadi jika sekolah mengetahui bahwa Kimito bukanlah gay, mereka semua mungkin akan mengebiri dia!

Miyuki Kujou (honeysanime.com)
Miyuki Kujou (honeysanime.com)

Setiap gadis di sekolah mendapatkan pelayan pribadinya sendiri, dan tidak ketinggalan, Kimito juga mendapat maid pribadi, Miyuki Kujou. Dia bertanggung jawab mengurus Kimito dan kebutuhannya, serta memastikan dia tidak melakukan hal aneh apa pun. Sebenarnya dia bisa sedikit sadis terhadap Kimito, namun Miyuki benar-benar merawatnya dan bahkan mengawasinya saat dia tidur. Miyuki sosok yang pintar, maid yang sangat baik dan bertanggung jawab atas orang lain di sekolah.

Virgo dari Fairy Tail

Lucy adalah Penyihir Roh, yang berarti dia bisa memanggil roh dan menggunakan sihir mereka dalam pertempuran, atau untuk apa pun juga. Virgo adalah salah satu roh milik Lucy dan dia sangat setia seperti anggota tim Lucy lainnya, disertai kepatuhan dan akan melakukan apa saja sesuai dengan "putri" Lucy minta. Dia juga seorang masokis dan selalu meminta tamparan dari Lucy. Selain itu, rantai dan sihirnya sangat berguna dalam pertarungan!

Virgo (hero.fandom.com)
Virgo (hero.fandom.com)

Tama dari Gintama

Tama adalah robot pembantu dengan emosi manusia yang bekerja untuk Otose. Dia memiliki kombinasi yang indah dan diprogram sebagai pelayan, berarti dia sangat baik dalam hal tersebut, ditambah adanya emosi manusia membuatnya merasa seperti manusia biasa. Selain itu ia juga dapat berkomunikasi dengan alat elektronik! Bukankah menyenangkan memiliki pelayan yang bisa berbicara dengan Nintendo Switch kalian ketika crash dan membuatnya berfungsi kembali dengan baik!? Tama juga bisa membuat makanan seperti monjayaki, hanya saja dia menyiapkan makanan di dalam dirinya, dan ... memuntahkannya ... x_x

Tama (honeysanime.com)
Tama (honeysanime.com)

Maria dari Hayate no Gotoku (Hayate the Combat Butler)

Hayate Gotoku memiliki nasib buruk. Dia dijual ke Yakuza oleh orang tuanya karena hutang mereka dan akhirnya menyelamatkan seorang gadis yang dia coba culik untuk membayar hutang keluarganya. Nama gadis itu adalah Nagi dan dia sangat kaya. Hayate kemudian dibawa untuk bekerja di rumah Nagi sebagai butler dan akhirnya mendapatkan dirinya terus-menerus dalam kesulitan sementara semua gadis di sekitarnya jatuh cinta kepadanya.

Maria (honeysanime.com)
Maria (honeysanime.com)

Maria adalah pelayan pribadi Nagi dan telah bersamanya sejak kecil. Dia adalah tutor yang tumbuh dewasa dan masih merawatnya seperti keluarga. Maria adalah orang terpintar di rumah dan dia pada dasarnya bertanggung jawab atas rumah itu. Maria sangat baik hati, pekerja keras, bertanggung jawab, serta suka bermain game. Kalian akan kesulitan menemukan karakter maid terfavorit seperti Maria yang serba bisa di tempat lain!

Sayoko Shinozaki dari Code Geass

Sayoko Shinozaki adalah seorang wanita Jepang yang baik hati dan bekerja sebagai maid kedua bersaudara Lamperouge di kediaman mereka. Dia sangat setia dan hormat kepada Lelouch serta mendukung setiap keputusan yang dibuatnya. Dia adalah satu dari sedikit orang yang tahu tentang Zero Requiem dan mungkin memainkan peran di dalamnya. Saat bertugas di lapangan, Sayoko akan mengganti seragam maidnya dengan pakaian kunoichi dan memiliki keahlian bertarung layaknya seorang ninja. Selain itu Sayoko bahkan pernah memakai kostum boneka untuk membantu rencana Lelouch, sebuah bentuk pengabdian yang tak terukur untuk karakter maid terfavorit sekaligus unik ini.

Sayoko Shinozaki (codegeass.fandom.com)
Sayoko Shinozaki (codegeass.fandom.com)

Kirumi Tojo dari Danganronpa V3

Kirumi Tojo adalah siswa di Ultimate Academy untuk Remaja Berbakat dan peserta Semester Sekolah Pembunuhan yang ditampilkan dalam Danganronpa V3: Killing Harmony. Gelarnya adalah the Ultimate Maid atau Super High-School Level Maid. Quote khas Kirumi adalah “Tidak peduli situasinya, apa pun yang terjadi, saya di sini untuk melayani semua orang," sangat menggambarkan julukannya sebagai maid super ya!

Kirumi Tojo (twitter.com/izzielbaksai)
Kirumi Tojo (twitter.com/izzielbaksai)

Saat perayaan Hari Maid 10 Juni 2020 kemarin, seiyuu Kirumi Tojo, Kikuko Inoue, merayakan hari spesial tersebut dengan bercosplay sebagai dirinya dengan sangat apik. Mengingat perbedaan usia Inoue dan Kirumi yang mencapai 40 tahun, beliau terlihat tetap cantik dan awet muda. Sangat wajar jika beliau menjadi salah satu seiyuu wanita senior yang dicintai masyarakat Jepang.

Ayuzawa Misaki (Kaichou wa Maid-sama)

Misaki adalah karakter utama wanita dalam anime dan manga Kaichou wa Maid-sama. Dia dikenal sebagai "Presiden Iblis" Dewan Siswa Seika High School. Dibalik penampilannya sebagai siswi teladan, Misaki diam-diam bekerja paruh waktu sebagai maid di sebuah cafe. Sosok rahasianya tersebut diketahui oleh seorang teman sekolahnya yang unik namun tampan, Usui Takumi. Dimulailah kisah cinta sang maid tangguh dan pria "alien" yang lucu dan romantis. Kalian semua pecinta shoujo manga pasti sudah tahu kan bagaimana akhir kisah manis Usui dan Misaki?

Ayuzawa Misaki (manga.redsom.com)
Ayuzawa Misaki (manga.redsom.com)

Rem dari Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Rem adalah kembaran dari Ram. Mereka berdua adalah iblis yang bekerja sebagai maid Roswaal Mathers, seorang bangsawan dari dunia yang fantastis ini. Rem mungkin tidak seterampil saudara perempuannya sebagai pelayan, tapi dia masih luar biasa! Dia bisa menjahit, memasak, membersihkan rumah, dan lebih baik daripada kebanyakan orang. Ditambah lagi dia bisa menggunakan kekuatan iblisnya untuk menyembuhkan dan melindungi mereka yang dia sayangi. Dalam hal ini Subaru bodoh, karena Rem tidak hanya multi talenta, super kuat, dan menggemaskan, ia juga sangat mencintai serta setia akan perasaannya pada Subaru. Inilah yang menjadikan Rem sebagai posisi teratas karakter maid terfavorit di Jepang sekaligus waifu banyak orang. Apakah kalian salah satu di antaranya? 

Rem (otsukai.com)
Rem (otsukai.com)

Bagaimana, apakah salah satu di antara 10 karakter maid terfavorit di Jepang ini juga merupakan kesukaan kalian. Yuk share jawaban kalian di kolom kometar. Jangan lupa lihat juga daftar 15 Karakter Perawat Anime Paling Top di Japanaese Station ya!