Share on

Rangkaian hari libur panjang di Jepang yang disebut Golden Week berakhir pada 6 Mei, tetapi negara itu masih memiliki hari istimewa untuk dirayakan pada tanggal 10 Mei. Berkat kekhasan bahasa Jepang, angka 10 juga dapat dibaca sebagai “do,” dan tanggal 10 Mei menjadi "May Do," pengucapannya seperti "meido", kata dalam bahasa Jepang untuk "pelayan atau maid."

Meskipun ini bukan hari libur resmi, mereka yang memiliki selera seperti itu, setiap tahunnya merayakan Hari Maid dengan perayaan via online untuk busana dan budaya yang terinspirasi dari maid, dan seringkali juga melakukan penghormatan kepada pelayan terkenal dari dunia anime dan video game. Franchise video game Danganronpa bahkan memberikan penghargaan berlipat ganda pada sosok maid dengan menciptakan hari ulang tahun karakter Kirumi Tojo, yang dikenal di jagat raya sebagai "the Ultimate Maid," pada tanggal 10 Mei.

Kirumi Tojo (twitter.com/izzielbaksai)
Kirumi Tojo (twitter.com/izzielbaksai)

Tahun ini, seiyuu wanita senior pengisi suara Kirumi memutuskan untuk turut serta bergabung dalam kesenangan cosplay sebagai karakter yang mengenakan pakaian pelayan tersebut pada 10 Mei,  dan penampilan beliau tampak menakjubkan!

Meskipun seiyuu yang memberikan dukungan atau publikasi kepada karakter mereka merupakan hal yang biasa di Jepang, mereka yang sudah tahu atau yang mengenali nama aktris di akun Twitter-nya, @atmanbow_staff, mungkin akan merasa takjub untuk yang kedua kalinya. Itu karena Kikuko Inoue, seiyuu wanita pengisi suara Kirumi, sudah berusia 55 tahun!

Memang, Inoue terkenal karena kemampuannya untuk terus memerankan karakter wanita-wanita muda yang bersuara tenang dan beretiket halus, di saat beliau sudah melewati usia ketika sebagian besar seiyuu anime mundur dari industri tersebut. Meski begitu, sangat mengejutkan melihat betapa muda beliau terlihat saat mengenakan kostum cosplay dari karakter yang masih remaja. Cukup untuk membuat orang berpikir bahwa klaim Inoue yang terlihat selalu berusia 17 tahun, mungkin bukan lelucon semata.

Selain Inoue, banyak pula seiyuu wanita senior yang terlihat awet muda saat ber-cosplay sebagai karakter yang dia perankan. Salah satunya adalah Tanaka Rie. Mereka berdua termasuk seiyuu wanita senior yang mampu bertahan di tengah meningkatnya jumlah seiyuu wanita di Jepang.