Share on

Siapa yang bilang bahwa karakter utama sebuah cerita haruslah pria yang baik hati? Di saat banyak cerita yang lebih menyorot karakter underdog yang pemberani atau protagonis “brengsek” semacam Tony Stark. Mungkin penonton idealis tetap berpegang pada prinsip tersebut, namun beberapa penonton lainnya mulai jenuh dan mengharapkan variasi yang baru. Karena bagaimanapun karakter utama haruslah mampu menarik minat masyarakat. Jadi apakah sebuah cerita yang menjadikan karakter protagonis jahat sebagai tokoh sentral dapat diterima di Jepang?

Orang jahat (soranews24.com)
Ilustrasi karakter protagonis jahat (soranews24.com)

Sebuah survey baru-baru ini dibuat oleh situs peringkat Ranking Goo Jepang guna mencari tahu siapakah pembohong, pencuri, pembunuh, atau penipu favorit para netizen. Hasilnya para karakter hero “abu-abu” yang terkenal secara umum seperti Elfen Lied - Lucy (peringkat ke-17), Akira Fudou dari Devilman Crybaby (ke-14) dan Shirou Emiya (ke-12) dari franchise Fate, gagal menempati posisi sepuluh besar. Jadi siapa sajakah ke 10 besar karakter protagonis jahat favorit netizen Jepang?

*ssssttt, SPOILER ALERT!

10. Accelerator / Ippou Tsuukou (A Certain Magical Index)

Dengan perawakan khas, senyum licik dan rambut putih acaknya, Accelerator adalah salah satu karakter paling mencolok dalam franchise A Certain Magical Index, dan karena suatu alasan kemunculan awalnya ialah sebagai antagonis. Namun ini tidak menghentikan Accelerator untuk menguasai cerita seiring berjalannya waktu. Kekuatan psikis yang besar, kemauan kejam, dan terkadang sisi sentimentanya, bergabung untuk membuatnya menjadi salah satu karakter favorit penggemar hingga hari ini.

9. Black Jack

Tentara bayaran medis Osamu Tezuka membentuk konsep dasar dokter jauh sebelum Dr. House berpikir untuk belajar kedokteran. Meskipun dokter tituler memiliki hati emas dan terutama melayani rakyat yang kekurangan, pihak yang lemah, dan yang dijauhi oleh masyarakat, ia memiliki kecenderungan untuk membebani pasiennya dengan tagihan medis yang keterlaluan. Emosi dan sisi humornya yang tidak biasa, tidak membuatnya disukai oleh sebagian besar karakter lain, tetapi ia memiliki tempat yang kuat di hati pemirsa!

8. Sebastian Michaelis (Black Butler)

Sebastian benar-benar seorang kepala pelayan dan membuktikan bahwa keahliannya tersebut membawanya ke posisi delapan ranking karakter protagonis jahat. Meskipun dipekerjakan sebagai kepala pelayan untuk Ciel Phantomhive dan bersumpah untuk mematuhi setiap perintahnya, ia sering menunjukkan perangai yang tidak manusiawi ketika tuan mudanya diculik, diancam, atau hampir terbunuh, serta seringkali bertanggung jawab atas kemalangan yang menimpa Ciel sendiri. Kalian tidak bisa menyalahkannya terlalu banyak, karena bagaimanapun dia adalah iblis dalam bentuk manusia.

Sebastian Michaelis (https://twitter.com/MAIKOLIPS)
Sebastian Michaelis (twitter.com/MAIKOLIPS)

7. Lelouch Lamperouge (Code Geass)

Lelouch karya dari mangaka CLAMP berhasil mencuri hati para pemirsa. Penciptanya merancang Lelouch sebagai wujud "keindahan" dan "kesejukan". Terinspirasi dari perawakan pop star, memberinya sentuhan karisma yang halus dan ditambah kekuatan Geass yang ia miliki, memungkinkan Lelouch untuk menundukan seluruh negara di bawah kakinya. Hal inilah yang menjadikan Lelouch sebagai penjahat perang, dan umumnya pencarian kekuasaan mati-matian dapat membawa nasib tragis pada pelakunya. Tapi tetap saja daya tarik Lelouch tidak membuat penonton merasa puas sehingga “kebangkitannya” menjadi hadiah bagi para penggemar.

Lelouch Lamperouge (https://twitter.com/fleur_jiyong)
Lelouch Lamperouge (twitter.com/fleur_jiyong)

6. Char Aznable (Gundam)

Char pertama kali muncul sebagai penjahat di Mobile Suit Gundam dan tandingan pahlawan klasik Amuro Ray. Sifatnya yang liar dalam bertindak membawanya menjadi pahlawan utama dalam seri sekuel Mobile Suit Zeta Gundam, sebelum kembali ke peran jahat di Char's Counterattack. Sikapnya, penampilan yang tajam, serta kacamata aviator yang menjadi ciri khasnya, hanya membuat penggemar semakin mencintai sisi mana pun yang ia janjikan.

5. Lupin III

Datang menyerbu dengan lompatan dari segala arah, disertai dengan musik jazz yang riang, inilah pencuri yang “agak nakal”, Lupin III! Lupin sangat dicintai hingga saat ini sehingga mudah untuk melupakan bahwa dia sebenarnya adalah pencuri kecil yang terus-menerus membuat hidupnya runyam karena kelemahannya terhadap wanita. Dia jelas jauh lebih “baik” daripada entri lain dalam daftar!

4. Light Yagami (Death Note)

Akuilah! Teman-teman semua pasti menunggu nama ini disebut bukan?! Tidak aneh jika melihat nama Light Yagami diabadikan setinggi ini dalam daftar, karena perang moral yang dilakukannya terhadap kejahatan dan korupsi, telah mengubahnya menjadi twisted monster yang berakhir tragis di akhir serial. Meskipun demikian, penonton menyukai tragedi yang dramatis, dengan plot yang dirancang Light, disertai kecerdasan berpikir yang membawanya lolos dari tangkapan berkali-kali, dan pada akhirnya, membawanya menjadi karakter protagonis jahat yang sangat menarik untuk ditonton.

3. Ainz Ooal Gown (Overlord)

Sekarang untuk kasus yang menarik: Ainz sebenarnya adalah protagonis yang terjebak di dalam avatar dalam game-nya sendiri, penguasa dari guild yang dulunya hebat. Ketika MMORPG yang dia mainkan dimatikan dan kenyataan bergeser menjadi permainan itu sendiri. Kemudian dia mengambil nama guild sebagai nama barunya dan berangkat untuk menemukan jejak realitas yang pernah dia ketahui, dimana sepanjang jalan ia secara tidak langsung menyebabkan kematian yang tak terhitung jumlahnya. Apakah perlu sebuah NPC skeletal overlord memiliki konsep kemanusiaan?

2. Koro-sensei (Assassination Classroom)

Koro-sensei adalah alien jahat yang turun ke bumi dan berjanji akan meledakkannya. Perilaku penjahat klasik bukan? Tapi tunggu, Koro-sensei bersedia memberi manusia kesempatan bertarung. Dia tidak hanya memberi murid-muridnya, sekelompok pelanggar aturan, kesempatan untuk membunuhnya dan memenangkan hadiah uang tunai, tetapi dia juga mengajarkan mereka bagaimana cara terbaik untuk melakukannya! Dia juga mengajarkan mereka kurikulum reguler dengan penuh kebaikan dan kepercayaan diri. Jadi bukankah Koro-sensei adalah sosok guru terbaik yang bisa kita harapkan? Yah selain fakta bahwa ia adalah alien genosida.

1. Duke Togo (Golgo 13)

Ini tidak akan mengejutkan jika kalian tahu tentang betapa antusias masyarakat Jepang akan Golgo 13. Manga terpanjang yang saat ini masih dipublikasikan, Golgo 13 berkisah mengenai Duke Togo, seorang pembunuh dengan masa lalu yang misterius. Tidak ada yang tahu nama aslinya atau bahkan kewarganegaraannya yang sebenarnya. Namun penampilannya yang tenang dan suram, membuat kesan kuat di media Jepang, dengan seniman manga shonen populer seperti Eiichiro Oda dan Yoshihiro Togashi di antara banyak penggemarnya.

Bagaimana, apakah karakter protagionis jahat favorit kalian ada di dalam daftar? Jika tidak, siapa yang menurut kalian layak untuk masuk 10 Karakter Protagonis Jahat versi kalian. Yuk share jawaban kalian di kolom komentar, dan jangan lupa baca juga artikel 10 karakter teman pengkhianat yang siap menusukmu dari belakang!