SHARE THIS ARTICLE

130610 RAMEN

Jika kalian pernah pergi ke Jepang, atau setidaknya mendengar tentang Jepang, kalian pasti familiar dengan ramen. Bukan, bukan ramen instan yang bisa kalian jumpai berderet di lemari para mahasiswa di seluruh dunia, namun mangkuk-mangkuk panas dan menggairahkan yang berisi mie yang nikmat yang dijual di berbagai restoran di seluruh Jepang.

Setiap prefektur, setiap kota, bahkan setiap toko, memiliki keistimewaannya tersendiri. Namun video berikut ini akan menampilkan sesuatu yang sedikit berbeda.

Dasar pembuatan ramen di sebuah restoran tidak jauh dari yang kalian bayangkan. Salah satu hal yang menarik adalah betapa panas air yang disaring dari mie. Di banyak toko, hal tersebut sesimpel mengambil saringan, menyaring mie, dan menggoyangkannya beberapa saat. Namun pria-pria dalam video berikut ini telah membawa proses penyaringan air kepada tahap yang baru. Bahkan kita bisa menyebutnya sebagai sebuah seni!

Video pertama datang dari Ramen Nakamuraya di Prefektur Kanagawa. Di sini, para koki mendemonstrasikan “jurus” tenkuu otoshi (jatuh dari langit). Pada dasarnya, teknik ini terdiri dari dua hal: memegang saringan yang berisi ramen setinggi mungkin, lalu menyentaknya ke bawah dengan cepat. Gayanya terlihat seperti adegan di Street Fighter! Namun teknik ini tidak terlalu sulit.

Video berikutnya datang dari Ramen Iwamotoya di Prefektur Ishikawa. Sang koki memperlihatkan jurus men otoshi (mie yang jatuh). Nama yang cukup menggambarkan. Setelah mengangkat saringan yang berisi ramen cukup tinggi, koki menumpahkan ramen-nya dan dengan secepat kilat menangkapnya kembali!

Video selanjutnya cukup unik. Koki Ramen Yuu Matsumoto di Prefektur Saitama menampilkan jurus hissatsu katate (satu tangan). Setelah mengangkat ramen dengan saringan, sang koki memukul-mukulkannya pada pahanya!

Video berikutnya adalah salah satu yang terbaik. Seorang koki di Shirakuma Ramen, Prefektur Mie yang bernama Naga memiliki jurus spesial, dengan nama yang tidak begitu spesial: Naga’s Special Water Draining Technique! Dengan satu saringan di tiap tangannya, ia mengayunkan keduanya beberapa saat sebelum melemparkan satu per satu saringannya ke udara hingga berputar 360 derajat! Setelah menangkapnya kembali, ia menuangkan ramen ke dalam mangkuk.

Seru bukan! Yang penting jangan coba sendiri di rumah ya, karena air mendidih yang dapat terciprat cukup berbahaya!

Source : rocketnews24.com
COMMENT