SHARE THIS ARTICLE

Jika kita berjalan dari Shinjuku melalui Nakano, kita dapat menyeberangi Sungai Kanda di mana daerah itu merupakan perbatasan antara Shinjuku Ward dan Nakano Ward (daerah ini disebut 中野坂上 Nakano Sakaue) di Jepang. Di situ kita akan menemukan sebuah tanda kecil.

untitled
Papan tanda di jembatan yang sudah modern.

Di tanda tersebut tertulis 淀橋 Yodobashi dan terdapat sedikit cerita mengenai sejarah jembatan tersebut.

Ternyata pada Periode Edo daerah Oomekaidou di bagian barat sungai Kanda itu merupakan bagian dari 淀橋村 Yodobashi Mura (Desa Yodobashi). Kabarnya, shogun Tokugawa ke-3, Iemitsu adalah orang yang memberi nama daerah ini.

yodobashi 02
Desa Yodobashi di Periode Edo.

Jembatan itu dulu disebut 姿見ずの橋 Sugata-mizu no Hashi (Jembatan Orang yang Tak Terlihat). Alasannya adalah karena di daerah ini terdapat sebuah legenda bahwa seseorang yang bernama Suzuki Kuro (1371-1440) – yang disebut “Tycoon of Nakano” – menyembunyikan harta kekayaannya di bawah tanah di sini. Saat ia mengubur hartanya, ia menjadi ketakutan bahwa orang-orang yang membantunya menggali dan membawa uangnya mungkin akan mencoba untuk kembali dan mencuri uangnya. Karena itu, ia membunuh orang-orang yang telah membantunya mengubur hartanya dan membuang tubuh mereka ke sungai. Orang-orang di kota melihat sekelompok orang pergi ke jembatan, tetapi hanya satu orang yang kembali. Jadi mereka menamakannya “Jembatan Orang yang Tak Terlihat”.

yodobashi 03
Suzuki Kuro yang membunuh orang-orang yang telah membantunya mengubur hartanya.

Para shogun Tokugawa biasa melakukan perjalanan panjang dari Kastil Edo ke Mitaka untuk berburu menggunakan burung elang. Suatu kali, Iemitsu dan rombongan mengistirahatkan kuda mereka di dekat jembatan itu dan mendengar cerita lokal tentang nama jembatan itu. Ia pikir itu adalah nama yang sial bagi jembatan tersebut. Pemandangan dari simpang sungai di situ mengingatkannya akan 淀川 Yodogawa (Sungai Yodo) di Kyoto sehingga ia memerintahkan orang-orang untuk memberi nama jembatan itu 淀橋 Yodobashi (Jembatan Yodo).

Tentu saja, merupakan suatu kehormatan besar bagi orang-orang di sana dengan shogun mengubah nama jembatan mereka, sehingga mereka mulai menyebut kota mereka Yodobashi. Toko elektronik terkenal, Yodobashi Camera memulai kiprahnya di daerah yang sekarang menjadi Shinjuku Nishiguchi. Nama toko dan daerah itu berasal dari jembatan ini.

yodobashi 04
Jembatan Yodobashi di tahun 1960-an.

Sebenarnya, daerah ini berasal dari sebuah distrik bernama 淀橋区 Yodobashi-ku, namun kemudian digabungkan dengan 四谷区 Yotsuya-ku pada saat restrukturisasi menjadi 23 Distrik Khusus pada tahun 1947 silam. Daerah yang digabung itu menjadi yang saat ini adalah 新宿区 Shinjuku-ku.

yodobashi 05
Pemandangan dari Jembatan Yodobashi saat ini.
Source : markystar.wordpress.com
COMMENT