SHARE THIS ARTICLE

Ilmuwan tidak henti-hentinya menelurkan inovasi terbaru. Khususnya dalam bidang robot, ilmuwan mengklaim mampu menciptakan robot yang dapat berkeringat layaknya manusia.

sweatrobot

Tidak hanya mampu berkeringat, robot ini juga bisa menunjukkan ekspresi dan meniru raut wajah manusia. Dilansir Engadget, Rabu (21/5/2014), ilmuwan asal Jepang dari Kansai University mengungkapkan, tim membuat robot yang lebih persis manusia sungguhan.

Bila ilmuwan lainnya berusaha menciptakan ekspersi wajah pada robot, tim ilmuwan di Jepang berpikir bagaimana membuat robot lebih mirip dengan manusia. Tomoko Yonezawa dan timnya membuat robot yang dapat berkeringat dan merinding.

Peneliti mengembangkan tiga prototipe, salah satunya merupakan mesin yang bisa merinding saat terpapar dingin atau menangkap cerita seram. Prototipe lainnya yakni membuat kepala robot dapat berkeringat saat sedang cemas atau gelisah.

Prototipe berikutnya menghadirkan Breatter yang melibatkan kipas built-in untuk memproduksi nafas saat robot ini bicara. Tim percaya bahwa apabila prototipe ini digabungkan, maka robot ini tidak lagi sebagai robot biasa yang hanya bergerak secara otomatis.

Source : techno.okezone.com
COMMENT