SHARE THIS ARTICLE

Upacara Hari Datangnya Kedewasaan digelar di seluruh Jepang (1)

Pada hari Senin kedua tahun ini, yaitu hari ini, di seluruh Jepang telah digelar upacara dan acara Hari Datangnya Kedewasaan/Seijin no Hi (成人の日) yang meriah, yang dihadiri oleh para kawula muda. Mereka yang merayakannya adalah yang baru beranjak umur 20 tahun pada tahun 2015 yang lalu atau akan berulang tahun ke-20 sebelum tanggal 31 Maret tahun ini. Bagi mereka yang harus bekerja pada hari Senin, upacara ini diadakan pada hari Minggu kemarin.

Upacara Hari Datangnya Kedewasaan digelar di seluruh Jepang (2)

Upacara Hari Datangnya Kedewasaan digelar di seluruh Jepang (4)

Seperti dikutip dari japantoday.com, sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dalam upacara ini sebagian besar pria hanya mengenakan pakaian biasa, sedangkan para wanita mengenakan kimono “furisode” tradisional yang hanya dikenakan oleh para wanita lajang di Jepang. Pada hari Senin pagi, ratusan orang dewasa berpakaian kimono dan keluarga mereka terlihat sedang berdoa untuk Tahun Baru di Kuil Meiji di Tokyo. Sedangkan 1.400 orang yang baru beranjak dewasa berkumpul di Tokyo Disneyland di Urayasu, Prefektur Chiba, yang menjadi salah satu tempat paling populer di mana para wanita muda berpose dan berfoto dengan Mickey dan Minnie Mouse.

Upacara Hari Datangnya Kedewasaan digelar di seluruh Jepang (3)

Dengan beranjak umurnya menjadi 20 tahun, itu berarti para kawula muda di Jepang secara resmi diperbolehkan untuk merokok, minum alkohol dan menikah tanpa izin dari orang tua mereka, dan dari perspektif penegakan hukum, itu berarti mereka tidak lagi dianggap sebagai anak di bawah umur dan tersangka kejahatan dapat disebut namanya. Sebelumnya juga telah diberitakan bahwa jumlah orang yang baru mencapai kedewasaan di Jepang berada pada tingkat terendah di hari pertama Tahun Baru.

Apa menurut kalian upacara seperti ini perlu digelar di negara kita?

Source : japantoday.com
COMMENT