SHARE THIS ARTICLE

Sugoi! Pelajar SMA Jepang Berhasil Menetaskan Anak Ayam Tanpa Cangkang Telur! (1)

Mana yang lebih dulu ada, telur atau ayam? Pertanyaan seperti itu masih tetap menjadi bahan perbincangan banyak orang. Tapi kini sekelompok pelajar SMA Oihama di Jepang telah membuat sendiri jawaban mereka melalui penemuan yang luar biasa dengan menetaskan seekor anak ayam dari sebuah telur tanpa menggunakan cangkang telurnya. Mau tahu bagaimana mereka melakukannya?

Seperti dikutip dari nydailynews.com, pertama-tama, para pelajar meletakkan selembar plastik di atas sebuah cangkir kecil yang berisi larutan kimia yang dirancang untuk memastikan anak ayam itu berkembang dengan sehat. Agar bisa mengawasi kemajuannya, mereka menggunakan penutup yang transparan setelah meretakkan cangkang telur dan meletakkan isi telur tersebut di atas cangkir.

Sugoi! Pelajar SMA Jepang Berhasil Menetaskan Anak Ayam Tanpa Cangkang Telur! (2)

Untuk menyediakan oksigen bagi anak ayam tersebut, para pelajar SMA Jepang itu pun melubangi bungkus plastiknya. Selama tiga minggu cangkir itu pun dimasukkan dalam inkubator. Kita bisa melihat jantung dari anak ayam itu terbentuk pada hari ketiga, sedangkan garis tubuhnya bisa kita lihat di hari kelima, dan anak ayam itu pun lahir hanya dalam waktu tiga minggu!

Penemuan yang dihasilkan melalui percobaan yang membutuhkan waktu kurang dari satu bulan ini terdiri dari beberapa langkah yang sangat sederhana dan telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Bahkan mereka merekamnya dan kemudian diunggah di YouTube, yang hanya dalam waktu tiga hari telah ditonton hampir 400.000 kali. Namun, percobaan mereka ini bukanlah yang pertama, karena percobaan seperti ini pernah diterbitkan 45 tahun yang lalu pada tahun 1971 dalam Journal of Poultry Science. Tapi tetap saja keren kan yang dilakukan pelajar SMA Jepang ini?

Source : nydailynews.com
COMMENT