SHARE THIS ARTICLE
Ukiyo-e
Dalam salah satu ukiyo-e dari seri Thirty-six Views of Mount Fuji karya Hokusai ini, Gunung Fuji malah ‘diculik’ oleh UFO.

Seksi comment yang banjir dengan gambar-gambar GIF kocak sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi para net-surfer. Namun, bagaimana jika yang dijadikan GIF adalah sejumlah karya seni ukiyo-e kuno ternama? Ya, seorang ‘GIF artist’ freelance dari Jepang bernama Atsuki Segawa dengan usilnya menambahkan UFO, laser dan berbagai elemen zaman modern lainnya ke dalam scene-scene ukiyo-e ini menggunakan Photoshop. Seniman yang juga adalah seorang penggemar shogi ini rupanya terinspirasi untuk membuat GIF-GIF ini saat Twitter memperkenalkan GIF auto-play, hingga ia juga sempat memasukkan beberapa imej GIF buatannya ke dalam kontes yang disponsori oleh Adobe. Dengan Photoshop, Segawa memotong bagian-bagian lukisan ukiyo-e tersebut dan menggabungkannya dalam sekuens animasi yang menghidupkan gambar-gambar 2D tersebut. Omoshiroi desu ne!

Karya Hokusai yang paling terkenal, The Great Wave Off Kanagawa menjadi hidup.
Bukannya memandang Gunung Fuji, karakter dalam ukiyo-e Hokusai ini malah menembak pesawat jet dengan laser.
Night Scene in the Yoshiwara karya Katsushika Oei ini dikenal atas penggunaan cahaya dan bayangannya. Segawa mempertajam karakteristik tersebut di sini.
Imej yang satu ini menggabungkan dua ukiyo-e menjadi satu, dengan gambar latar berasal dari karya Utagawa Kunimasa yang terkenal dengan lukisan-lukisan kabukinya, sementara orang-orangnya diambil dari karya Choubunsai Eishi. Tinggal tambahkan glowstick dan voila, jadilah scene aksi para wota dengan sentuhan tradisional.
Juga karya Hokusai, perahu dalam gambar akhirnya sampai juga di seberang Sungai Tama.
Ukiyo-e ini adalah karya Kobayashi Kiyochika yang terkenal atas lukisan-lukisan pemandangan malam harinya. Yang satu ini diberikan sentuhan apik Segawa dengan tambahan kembang api.
Source : en.rocketnews24.com
COMMENT