SHARE THIS ARTICLE

jetdalam

Sejumlah perusahaan Jepang bergabung mengembangkan pesawat jet tempur pertama buatan negeri sakura. Rencananya, jet tempur ini akan mulai tes terbang tahun depan.

Konsorsium perusahaan Jepang tersebut dipimpin Mitsubishi Heavy Industries, saat ini mengembangkan jet tempur yang teknologinya mirip dengan F-35 buatan Amerika Serikat (AS). Purwa rupa jet tempur baru ini akan tes terbang Januari 2015.

Menurut suratkabar Mainichi Shimbun seperti dilansir dari AFP, Selasa (12/8/2014), uang 39,2 miliar yen (US$ 384 juta) atau sekitar Rp 4 triliun, diinvestasikan untuk proyek pengembangan jet tempur ini.

Kabarnya, tes terbang ini akan dilakukan selama 2 tahun oleh Kementerian Pertahanan Jepang, dan pemerintah Jepang berencana untuk membeli pesawat ini pada 2019.

Selama ini, Jepang memang sangat bergantung kepada AS untuk pengadaan peralatan militer. Namun pemerintahan saat ini berencana untuk meningkatkan pengaruh militer Jepang dengan mengekspor senjata.

Pengembangan jet tempur ini dilakukan di tengah meningkatnya tensi dengan Tiongkok, karena perebutan sejumlah pulau di Laut Timur Tiongkok.

COMMENT