SHARE THIS ARTICLE

Masa liburan adalah masa-masa di mana orang malas untuk melakukan kegiatan. Tidak terkecuali orang Jepang yang terkenal rajin. Selama liburan, orang Jepang juga cenderung malas keluar rumah sehingga mereka malas untuk memasak. Menu ini merupakan menu yang sering dipraktekkan di rumah saat liburan karena selain rasanya yang lezat, cara memasaknya pun terbilang sederhana. Nasi salmon saus mentega dan shoyu adalah masakan di mana nasi yang dicampur dengan ikan salmon dimasak di dalam oven. Orang Jepang biasanya memasaknya menggunakan oven dan jarang yang menggunakan kompor api.

Bahan bahan:

1-2 potong ikan salmon segar
Garam seperlunya
1 sendok makan sake
5 gr mentega
1-2 sendok teh saus kecap asin (shoyu)
2-4 lembar seledri Italia
1 sendok makan wijen putih
2 mangkuk beras yang sudah dimasak

Cara pembuatan:

resep-nasi-salmon-saus-mentega-dan-shoyu-makanan-malas-saat-liburan

Masukkan salmon ke dalam wadah tahan panas. Taburi salmon dengan garam dan tuangkan sake di atasnya. Setelah itu tutup wadah dengan plastik pembungkus lalu panaskan selama 1,5 hingga 2 menit di dalam oven. Setelah uapnya menghilang, buang air yang tersisa di dalam wadah lalu kupas kulit salmon dan pisahkan dari tulangnya. Setelah itu beri mentega yang telah dicairkan serta tambahkan juga kecap asin (shoyu). Perlu diingat bila pemberian mentega dan shoyu setelah salmon dimasak di dalam oven.

resep-nasi-salmon-saus-mentega-dan-shoyu-makanan-malas-saat-liburan-1

Cincang kasar seledri Italia.

resep-nasi-salmon-saus-mentega-dan-shoyu-makanan-malas-saat-liburan-2

Disarankan menggunakan salmon mentah yang digarami sesaat sebelum dimasak dibandingkan salmon asin agar rasa asinnya tidak terlalu tajam, dan rasa salmonnya lebih keluar. Campurkan salmon dan seledri dengan nasi hangat yang telah dimasak.

Mudah bukan membuat resep nasi salmon ini?

Source : excite.co.jp
COMMENT