SHARE THIS ARTICLE

Memasuki bulan Agustus, musim panas di Jepang pun memasuki masa terpanasnya. Di tengah panasnya terik matahari, mungkin tidak ada yang bisa lebih menyegarkan dibanding meneguk minuman dingin. Tapi minum apa ya? Seperti yang  sering digambarkan dalam anime dan manga, ramune bisa jadi merupakan pilihan yang tepat untuk saat seperti ini.

Kelereng dalam botol ramune

Apakah itu ramune? Dengan nama yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, lemonade, ramune adalah minuman berkarbonasi dengan lemon-lime sebagai rasa standarnya. Walaupun rasa standarnya adalah rasa lemon-lime, namun kini sudah banyak juga varian rasa lainnya seperti melon, jeruk, peach, dan lain-lain. Meskipun di zaman sekarang sudah banyak minuman berkarbonasi sejenis, namun ramune tetap memiliki tempat di hati orang Jepang. Hal ini mungkin salah satunya disebabkan oleh kemasannya yang unik.

Berbeda dengan minuman berkarbonasi biasanya yang menggunakan tutup botol ulir, minuman ini menggunakan jenis tutup botol khusus di mana isi botolnya ditahan agar tidak keluar dengan sebutir kelereng. Karena kelereng penyumbatnya tidak bisa ditekan hanya dengan jari saja, disediakan alat penekan khusus dari plastik yang bisa digunakan untuk menekan kelereng tersebut ke dalam botol. Kekurangan dari botol jenis ini adalah karena setelah dibuka, botolnya tidak bisa ditutup kembali, maka harus langsung diminum sampai habis.

Diagram cara membuka botol ramune

Selesai minum ramune, jangan lupa untuk mengambil kelereng yang tersisa dalam botolnya, lumayan bisa untuk dipakai bermain kelereng bersama teman, mengisi waktu luang di panjangnya siang hari musim panas. Kalau haus lagi, tidak perlu khawatir, buka saja sebotol ramune lagi!

(Text by Nom de Plume, kontributor Japanese Station yang tinggal di Jepang)
[Image source: Dokumentasi pribadi, rebeccaowen18.files.wordpress.com, 1.bp.blogspot.com

COMMENT