SHARE THIS ARTICLE

Gempa bumi Tohoku di Jepang memang sudah lewat bertahun-tahun lamanya tetapi dampak yang dihasilkan masih terasa sampai sekarang. Salah satunya adalah warga kota Namie yang dipaksa mengungsi karena kebocoran nuklir Fukushima Daiichi yang berada tidak jauh dari kota mereka. Akibatnya adalah selama bertahun-tahun mereka tidak pernah lagi kembali ke kehidupan mereka yang semula. Berangkat dari kepedulian akan hal tersebut, fotografer asal Perancis, Carlos Ayesta dan Guillaume Bressio membuat sebuah proyek yang dinamakan Retrace Our StepsDi mana proyek ini mencoba memperlihatkan bagaimana reaksi para penduduk saat mereka kembali ke tempat mereka beraktifitas.

Retrace our steps

Ada hampir 80,000 pengungsi yang dipaksa untuk melakukan evakuasi dan pergi dari rumah, sekolah dan bisnis mereka,” jelas sang fotografer. “Saat mereka kembali, mereka tampak berjuang keras untuk mengenali tempat yang sangat familiar bagi mereka.” tambahnya.

Retrace our steps (4)

Konoka Sato, salah seorang partisipan dalam proyek tersebut mengungkapkan pendapatnya. “Jika bukan karena proyek ini, saya tidak akan pernah melihat zona terlarang ini dengan mata kepala saya sendiri,” ucapnya. Bagaimana perasaan kalian setelah melihat foto-foto ini? Terasa menyedihkan, bukan?

Retrace our steps (3)

Retrace our steps (5)

Retrace our steps (6)

(images via Japan Realm)

Sources :
COMMENT