SHARE THIS ARTICLE

Anime Winter 2015:2016

Waktu berjalan dengan sangat cepat, dan tak terasa kita sudah hampir sampai pada pengujung season Fall 2015. Bagaimana sejauh ini anime-anime Fall menurut kalian? Masih betah mengikuti atau sudah nggak sabar ingin segera memasuki season Winter? Supaya bisa ditarget dari sekarang, kita simak sama-sama dulu, yuk, jajaran anime Winter 2015/2016 yang akan mulai tayang di Jepang pada bulan Januari tahun depan!

Active Raid: Kidou Kyoushuushitsu Dai Hakkei

Active Raid

[Production IMS] Genre: Mecha

Tayang: 7 Januari 2016

Sinopsis:

Ber-setting di beberapa tahun ke depan, dalam Active Raid, diceritakan aktivitas geologis telah menimbulkan ketidakstabilan di daerah metropolitan Tokyo, di mana sebagian kota tersebut tenggelam ke dalam Bumi. Armor eksoskeleton bernama Willware pun dikembangkan untuk membantu proses rekonstruksi, namun penyimpangan terhadap penggunaan teknologi ini telah menyebabkan tingkat kekerasan di Tokyo meningkat. Dan, anime ini mengikuti sepak terjang divisi keamanan publik khusus yang bertugas untuk menangani tindak kriminalitas tersebut.

Trailer:

Ajin

Ajin

[POLYGON PICTURES] Genre: Adventure, Horror, Mystery, Seinen, Supernatural

Tayang: 16 Januari 2016

Sinopsis:

Bagaimana jika kalian bisa hidup abadi? Sayangnya, kalian tidak akan menjadi seorang superhero, melainkan diburu untuk dijadikan objek penelitian. Hal inilah yang terjadi pada seorang siswa SMA bernama Kei serta setidaknya 46 orang lainnya, di mana di mata publik dan pemerintah, Kei adalah spesimen langka yang harus diburu untuk dijadikan bahan eksperimen oleh para peneliti. Ia dianggap sebagai makhluk setengah orang yang harus mati ribuan kali demi kepentingan umat manusia.

Trailer:

Akagami no Shirayuki-hime 2

Akagami no Shirayukihime Season 2

[Bones] Genre: Drama, Fantasy, Historical, Romance, Shoujo

Tayang: 12 Januari 2016

Sinopsis: Season ke-2 Akagami no Shirayuki-hime.

Ansatsu Kyoushitsu 2

Ansatsu Kyoushitsu Assassination Classroom

[Lerche] Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Supernatural

Tayang: 7 Januari 2016

Sinopsis: Season ke-2 Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom).

Trailer:

Ao no Kanata no Four Rhythm

Ao no Kanata no Four Rhythm Four Rhythm Across the Blue

[Gonzo] Genre: Romance, School, Sci-fi

Tayang: 12 Januari 2016

Sinopsis:

Aokana ber-setting di dunia di mana orang-orang bisa terbang semudah mengendarai sepeda, hingga melahirkan sebuah olahraga populer bernama Flying Circus. Dikisahkan, sang protagonis laki-laki cerita ini semula memiiki masa depan cerah dalam bidang olahraga tersebut, namun karena sebuah sebab serta kekalahan yang pernah dideritanya, ia pun meninggalkan Flying Circus, setidaknya sampai perjumpaannya dengan siswi pindahan bernama Asuka Kurashina yang membuatnya kembali ingat akan kecintaannya pada olahraga tersebut sembari mengajari Asuka terbang.

Trailer:

Boku Dake ga Inai Machi

Boku Dake ga Inai machi

[A-1 Pictures] Genre: Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural

Tayang: 8 Januari 2016

Sinopsis:

Satoru Fujinuma adalah seorang mangaka yang takut untuk mengekspresikan dirinya sendiri, namun tak disangka-sangka, ia rupanya memiliki kekuatan supernatural yang memaksanya untuk mencegah kematian dan bencana dengan membuatnya terus dikirim kembali ke masa lalu sebelum suatu insiden terjadi sampai ia berhasil mencegahnya. Pada suatu hari, ia terlibat dalam sebuah kecelakaan yang membuatnya dituduh sebagai seorang pembunuh. Berusaha mati-matian untuk menyelamatkan sang korban, ia mengirim dirinya sendiri ke masa lalu. Namun, ia malah menemukan dirinya sebagai anak SD tepat 1 bulan sebelum teman sekelasnya, Kayo Hinadzuki, menghilang. Satoru pun lantas mengemban misi baru untuk menyelamatkan Kayo dan memecahkan misteri di balik menghilangnya gadis tersebut.

Trailer:

Bubuki Buranki

Bubuki Buranki Sanzigen

[SANZIGEN] Genre: Action, Sci-fi

Tayang: 9 Januari 2016

Sinopsis:

Kisah Bubuki Buranki dibuka dengan kembalinya Azuma Ikki ke Jepang setelah 10 tahun, di mana ia lalu diserang oleh sekelompok orang bersenjata dan dijadikan tawanan mereka. Kogane Asabuki, teman masa kecilnya, menyelamatkan Azuma dengan senjata di tangan kanannya yang disebut Bubuki, senjata yang memiliki pikiran sendiri. Pasca mengetahui eksistensi Bubuki, Azuma yang juga adalah pengguna Bubuki lalu menempuh perjalanan bersama teman-teman yang bergabung dengannya guna mencari cara untuk menemukan dan membangkitkan Oumai, Buranki (titan) yang tertidur di bawah tanah.

Trailer:

Dagashi Kashi

Dagashi Kashi

[Feel] Genre: Comedy, Shounen

Tayang: 8 Januari 2016

Sinopsis:

Dagashi Kashi mengisahkan tentang Shikada Kokonotsu yang akan diwariskan sebuah toko permen oleh ayahnya. Namun, Kokonotsu malah ingin menjadi seorang mangaka! Suatu hari di musim panas, seorang gadis cantik tapi aneh bernama Shidare Hotaru dari sebuah perusahaan permen terkenal datang berkunjung. Rupanya, ayah Kokonotsu adalah orang terkenal, dan Hotaru ingin agar ia bersedia untuk bergabung dengan perusahaan keluarganya. Namun, ayah Kokonotsu mengajukan satu syarat, ia hanya akan setuju jika Hotaru dapat meyakinkan anaknya untuk mengambil alih bisnis keluarga mereka.

Trailer:

Dimension W

Dimension W Winter 2016 2

[Studio 3Hz] Genre: Action, Sci-fi, Seinen

Tayang: 10 Januari 2016

Sinopsis:

Dimension W ber-setting di tahun 2072, di mana permasalahan krisis energi dunia telah bisa diselesaikan dengan jaringan induktor medan elektrik interdimensi ‘coils‘ yang bisa menghasilkan energi dari sumber yang tampak tak terbatas. Dimension W adalah sumber energi tersebut – planet keempat yang berada di antara dimensi X, Y, dan Z. Di dunia ini, coils ‘ilegal’ memiliki kekuatan luar biasa yang tak bisa dikendalikan oleh pihak kepolisian sekalipun. Mengatasinya adalah tugas Kyoma, pria pembenci coil yang lalu ‘terpaksa’ bekerjasama denganandroid coil yang unik bernama Mira.

Trailer:

Divine Gate

Divine Gate

[Studio Pierrot] Genre: Action, Fantasy, Sci-fi

Tayang: 8 Januari 2016

Sinopsis:

Saat Divine Gate terbuka, dunia makhluk hidup, surga, dan neraka akan terhubung; menimbulkan kekacauan di mana hasrat dan konflik saling bersinggungan. Untuk mengembalikan kedamaian, World Council pun didirikan, hingga ketenangan bisa kembali dan Divine Gate-pun menjadi sebuah mitos cerita rakyat. Di dunia tersebut, para pemuda dan gadis yang dipandang pantas oleh World Council dikumpulkan. Mereka adalah orang-orang yang berusaha mencapai gerbang tersebut demi kepentingan pribadi mereka masing-masing, dan yang dapat mencapainya, bisa menata ulang dunia. Ada apa sebenarnya di balik gerbang tersebut? Saat mereka sampai di sana, akankah dunia berubah? Akankah masa lalu, atau masa depan yang berubah?

Trailer:

Durarara!!x2 Ketsu

Durarara!!x2 Ketsu

[Studio Shuka] Genre: Action, Mystery, Shounen, Supernatural

Tayang: 9 Januari 2016

Sinopsis: Cour ke-3 Durarara!!x2.

Trailer:

 

Fairy Tail Zero

Fairy Tail Zero

[A-1 Pictures & Satelight] Genre: Fantasy, Magic, Shounen

Tayang: Januari

Sinopsis:

Prekuel yang mengisahkan asal usul didirikannya guild Fairy Tail ini bermula dari Mavis Vermillion, pelayan di Sirius Island yang diperlakukan buruk oleh seorang guild master dan putrinya, Zera. Pun demikian, Mavis tetap berusaha berpikir positif, dan saat guild tersebut diserang, Mavis menyelamatkan Zera dan membawanya ke dalam hutan. Tujuh tahun kemudian, para penyihir kuat, Warrod Sequen, Precht, dan Yuri Dreyer tiba di pulau tersebut untuk mencari sebuah permata giok yang sangat kuat. Tak disangka, perjalanan dan misi mereka ini akan mengubah jalur sejarah sihir.

Ganbare! Lulu Lolo 3

Ganbare Lulu Lolo S3

[Fanworks] Genre: Kids

Sinopsis:

Anime ini berkisah tentang keseharian dua kakak-adik beruang kembar: Lulu si beruang oranye dan Lolo si beruang berwarna kuning. Meskipun kerap gagal dan membuat kesalahan, Lulu dan Lolo terus berusaha sebaik mungkin melaksanakan berbagai macam tugas.

Tayang: Januari

GATE: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri 2

Gate Season 2

[A-1 Pictures] Genre: Action, Adventure, Fantasy, Military

Tayang: 9 Januari 2016

Sinopsis: Season ke-2 GATE yang akan mengisahkan Fire Dragon Arc.

Trailer:

Hai to Gensou no Grimgar

Hai to Gensou no Gimgar

[A-1 Pictures] Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy

Tayang: 11 Januari 2016

Sinopsis:

Kisah Hai to Gensou no Grimgar berpusat pada Haruhiro yang saat terbangun menemukan dirinya berada di dalam kegelapan tanpa tahu di mana ia berada, mengapa ia ada di sana, atau dari manakah ia berasal. Bersama sejumlah pemuda-pemudi yang juga menemui nasib yang sama, mereka menemukan diri mereka berada dalam sebuah dunia seperti dalam game yang bernama Grimgar, dan bersama-sama mereka membentuk tim, bekerjasama, dan mempelajari berbagai kemampuan baru untuk dapat bertahan di lingkungan yang keras tersebut.

Trailer:

Haruchika: Haruta to Chika wa Seishun Suru

Haruchika

[P.A. Works] Genre: Mystery, Romance, School, Slice of Life

Tayang: 7 Januari 2016

Sinopsis:

Novel tersebut mengisahkan dua pelajar SMA bernama Haruta dan Chika, anggota dari ekskul wind instrument yang hendak dibubarkan. Keduanya merupakan teman semasa kecil dan mereka telah menghabiskan hari-harinya untuk berlatih keras serta merekrut anggota baru. Ketika terjadi sebuah insiden, mereka bekerjasama untuk menyelesaikannya.

Trailer:

Kono Subarashii Sekai nin Shukufuku wo!

Kono Subarashi Sekai ni Shukufuku wo! 1

[Studio Deen] Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Romance, Shounen, Supernatural

Tayang: 14 Januari 2016

Sinopsis:

Anime komedi ini berfokus pada seorang hikikomori otaku anime, game, dan manga bernama Kazuma Satou. Sayangnya, hidup Kazuma yang singkat harus berakhir karena kecelakaan lalu lintas. Harusnya sih begitu, tapi anehnya, Kazuma bangun dan melihat seorang gadis cantik yang memperkenalkan dirinya sebagai seorang dewi. Ia pun menawarkan apakah Kazuma mau pergi ke dunia lain dan ia hanya diperbolehkan membawa satu hal saja yang disukainya. Kazuma lantas menjawab ia akan membawa sang dewi. Mereka pun lantas pindah ke sebuah dunia lain, dan petualangan Kazuma untuk mengalahkan raja iblis pun dimulai, setidaknya setelah ia bisa menyelesaikan berbagai masalah yang ditimbulkan oleh dewi tersebut…

Trailer:

Luck & Logic

Luck & Logic

[Dogakobo] Genre: Action, Fantasy

Tayang: 9 Januari 2016

Sinopsis:

Pada L.C. 922, manusia tiba-tiba dihadapkan pada sebuah krisis. Di dataran legenda Tetra Heaven, perang 100 tahun baru saja berakhir. Para dewa yang kalah dalam perang pun mencari tempat tinggal baru dan menjajah Septpia, dunia manusia. Para Logicalist yang tergabung dalam ALCA, agensi kepolisian khusus yang bertugas melindungi kota-kota dari serangan para makhluk asing (angels), pun terpaksa mempertahankan kota, suka ataupun tidak. Tergantung pada kemampuan mereka pula, para Logicalist dapat mengupayakan ‘trance‘ dengan dewi-dewi dari dunia lain untuk dapat bertahan di medan peperangan. Demikian pula dengan Yoshichika Tsurugi, pemuda minim ‘Logic’ yang hidup bahagia bersama keluarganya sebelum dihadapkan pada serangan tersebut. Ia lalu bertemu dengan seorang dewi jelita bernama Athena, dan mereka berdua pun saling melengkapi dengan Logic yang dimiliki Athena, untuk bersama-sama memenuhi takdir mereka masing-masing.

Trailer:

Macross Δ (Macross Delta)

Macross Δ (Delta) Walkure

[Satelight] Genre: Action, Mecha, Military, Music, Romance, Sci-fi

Tayang: ?

Sinopsis:

Macross Δ (Delta) ber-setting waktu di tahun 2067, 8 tahun setelah seri Macross Frontier sebelumnya dan mengambil lokasi di sebuah planet di bagian terpencil galaksi. Untuk mengatasi ‘Sindrom Verle Wahl’ yang mengamuk, dibentuklah tactical music unit Walküre. dan Valkyrie Unit untuk menjalankan operasi bersama. Sementara itu, unit Valkyrie misterius bernama Aerial Chivalry Order di The Kingdom of Wind mulai bergerak. Dan, apalah Macross tanpa cinta segitiga, yang kali ini dipastikan akan ada lebih dari satu.

Trailer:

 

Mahou Shoujo Nante Mouiidesukara.

Mahou Shoujo Nante Mou ii Desukara

[PINE JAM] Genre: Comedy, Magic

Tayang: 12 Januari 2016

Sinopsis:

Yuzuka Hanami adalah seorang gadis kecil yang serba bisa namun hanya memiliki sedikit teman. Pada suatu hari, Yuzuka didatangi oleh makhluk aneh bernama Miton yang sedang menggali tumpukan sampah. Miton yang tampak sangat mencurigakan memberitahu Yuzuka bahwa ia memiliki bakat untuk menjadi seorang mahoujo shoujo (magical girl). Tapi saat Yuzuka berubah menjadi mahou shoujo, kostumnya malahan baju renang.

Mahou Tsukai Precure!

Mahou Tsukai Precure

[Toei Animation] Genre: Fantasy, Kids, Magic, Shoujo

Tayang: ?

Sinopsis:

Dengan mantra ajaib ‘Cure-Up Rapapa!’ dua dunia pun sekarang terhubung!

Musaigen no Phantom World

Musaigen no Phantom World Kyoani

[Kyoto Animation] Genre: Action, Fantasy, Supernatural

Tayang: 6 Januari 2016

Sinopsis:

Ber-setting di masa depan di dalam sebuah dunia yang lahir dari imajinasi manusia, apa yang orang-orang sebut sebagai hantu atau moster benar-benar ada dan mereka disebut ‘phantom‘. Haruka Ichijo adalah seorang murid kelas satu Hosea Academy bersama seniornya, Mai Kawakami yang memerangi phantom dengan kekuatannya ‘Spirit of Five Elements’, Izumi Reina, dengan kekuatan Phantom Eater, serta Koito Minase yang bertarung dengan phantom dalam ketenangan. Mereka menjalani naik turunnya keseharian di sekolah sebelum sebuah insiden menuntun mereka pada kebenaran di balik dunia yang mereka tempati itu.

Trailer:

Niijiro Days

Nijiiro Days

[Production Reed] Genre: Comedy, Slice of Life, Shoujo, School, Romance

Tayang: Januari 2016

Sinopsis:

Kisah Nijiiro Days sendiri berpusat pada kehidupan empat karakter utamanya: Natsuki, Tomoya, Keiichi, dan Tsuyoshi. Mereka berusaha untuk bersenang-senang dalam menjalani keseharian mereka dengan menyelesaikan studi mereka sebagai pelajar, serta berdebat tentang cinta. Natsuki diceritakan naksir seorang gadis bernama Anna di sekolah, sementara karakter-karakter lainnya kerap terlibat dalam hubungan mereka.

Norn9: Norn + Nonette

Norn9

[Kinema Citrus] Genre: Romance, School, Shoujo

Tayang: 7 Januari 2016

Sinopsis:

Kisah Norn9 sendiri dimulai ketika sebuah lagu mengirim seorang laki-laki bernama Sorata Suzuhara ke era dan tempat yang berbeda. Saat ia sadar, Sorata menemukan dirinya berada di sebuah tempat asing berupa sebuah kota kuno dengan nuansa sepia. Pemandangan yang terpampang di depan matanya persis seperti gambar-gambar era Meiji dan Taisho yang pernah ia lihat di buku-buku pelajarannya. Di dunia tersebut, ia bertemu dengan 3 orang gadis dan 9 orang pemuda, di mana ia ikut bertualang bersama mereka dalam perjalanan mengarungi langit dengan airship raksasa Norn.

Trailer:

Nurse Witch Komugi-chan R

Magical Nurse Komugi-chan

[Tatsunoko Productions] Genre: Comedy, Magic

Tayang: 10 Januari 2016

Sinopsis:

Komugi Yoshida adalah seorang siswi SMP kelas 2 yang kikuk dan bersemangat. Seperti sahabat dan teman sekelasnya, Kokona Saionji yang tampil sebagai seorang idol dan Tsukasa Kisaragi yang menjadi seorang idol dengan kostum laki-laki, Komugi juga adalah seorang idol. Namun, tak seperti Kokona dan Tsukasa yang populer dan berkarisma, aksi Komugi masih standar dan kurang menarik. Meskipun begitu, Komugi masih terus bermimpi dan melanjutkan kehidupannya sebagai siswi SMP dan seorang idol. Pada suatu hari, makhluk misterius bernama Usa-P yang tengah terluka muncul di depan sang gadis, dan Komugi pun mengobatinya. Sebagai ucapan terima kasih, Usa-P menjadikan Komugi seorang Legendary Girl yang bertugas memerangi makhluk-makhluk bertopeng dengan kekuatan sihirnya. Sebagai Magical Nurse, Komugi juga lalu dipertemukan dengan Magical Maid dan Magical Sister; mampukah Komugi menggeluti tiga kehidupan sekaligus sebagai siswi SMP, idol dan Magical Nurse?

Phantasy Star Online 2: The Animation

Phantasy Star Online 2

[Telecom Animation Film] Genre: Sci-fi

Tayang: 8 Januari 2016

Sinopsis:

Phantasy Star Online 2: The Animation akan mengusung kisah orisinal yang sama sekali baru dan ber-setting di Bumi masa depan.

Trailer:

Prince of Stride: Alternative

Prince of Stride Alternative 0

[Madhouse Studio] Genre: Sports

Tayang: 5 Januari 2016

Sinopsis:

Kisahnya berfokus pada Stride, olahraga lari ekstrim yang melibatkan 6 orang dalam satu tim pelari estafet melintasi berbagai kota. Takeru Fujiwara dan Nana Sakurai adalah murid kelas satu yang berusaha merekrut anggota baru untuk membangkitkan klub Stride di Akademi Hounan yang telah ditutup.

Trailer:

Reikenzan: Hoshikuzu-tachi no Utage

Reikenzan

[Studio Deen] Genre: Comedy, Fantasy, Magic

Tayang: Januari 2016

Sinopsis:

Sejak didirikan pada tahun 4233 menurut kalender Nine Provinces, klan pedang roh telah terus memproduksi para ahli beladiri kelas atas. 2000 tahun kemudian, klan yang menganut ajaran damai dan pengembangan spiritualitas ini mencari murid baru dengan menggelar sebuah turnamen. Salah satu kandidatnya adalah Wang Lu yang berusia 12 tahun.

Schwarzesmarken

Schwarzesmarken

[LIDENFILMS] Genre: Action, Mecha, Military, Sci-fi, Seinen

Tayang: 11 Januari 2016

Sinopsis:

Ber-setting 18 tahun sebelum anime spin-off MuvLuv Alternative, MuvLuv Alternative: Total Eclipse, Schwarzesmarken terjadi di tahun 1983 dan mengikuti Skuadron TSF ke-666 East German Army ‘Schwarzesmarken’ (Black Marks), unit pasukan khusus yang ditugaskan untuk membasmi BETA forces melalui taktik-taktik tak biasa. Khususnya, mereka menarget Lux dan Magnus Lux dengan memanfaatkan senjata api jarak jauh. Perintah yang diberikan pada mereka harus menjadi prioritas utama, meskipun itu berarti mereka harus mengabaikan panggilan minta bantuan dari manapun yang dapat mengalihkan mereka dari misi di tangan. Skuadron ke-666 sebagain besar mengoperasikan MiG-21, dengan komandan mereka, Irisdena Bernhard mengendarai MiG-21PF.

Trailer:

Shoujo-tachi wa Kouya wo Mezasu

Shoujo-tachi wa Kouya wo Mezasu - forum-gamer.com.tw

[Project No.9] Genre: School

Tayang: 7 Januari 2016

Sinopsis:

Buntarou adalah seorang siswa yang ingin menjadi ‘seseorang’, tapi ia tidak tahu apa. Pada suatu hari, seorang teman sekelasnya, Sayuki, memberitahunya bahwa ia sedang membuat sebuah bishoujo game. Sayuki mengajak Buntarou karena ia perah menulis skenario yang bagus untuk klub drama, tapi masalahnya, Buntarou sama sekali tak tahu-menahu tentang bishoujo game.

Trailer:

Showa Genroku Rakugo Shinjuu

Showa Genroku Rakugo Shinjuu

[Studio Deen] Genre: Drama, Josei

Tayang: 9 Januari 2016

Sinopsis:

Kisahnya menceritakan tentang seorang narapidana yang dibebaskan dari penjara karena berkelakuan baik pada era Showa Genroku di Jepang (tahun 1960 sampai awal 1970-an). Narapidana tersebut dipanggil dengan nama Yotarou, yang berarti anti-hero atau pria bodoh. Saat ia kembali ke masyarakat, ia memulai kehidupan barunya dengan memasuki dunia rakugo (komedi narasi – kalau kalian mengenal stand-up comedy, mungkin ini adalah ‘sit-down comedy‘ tradisional Jepang). Karena tersentuh dengan peran malaikat pencabut nyawa yang dibawakan oleh Yakumo Yuurakutei, Yotarou pun meminta dijadikan murid sang master.

Trailer:

Sudah punya target mana saja yang kira-kira bakal kalian ikuti Winter nanti? Sekuel-sekuel seperti Durarara!!x2 Ketsu dan Ansatsu Kyoushitsu sih jelas ya~ Dan, sejauh ini sih, ada 3 judul baru yang paling bikin Mimin tertarik: Ajin (apalagi Mimin suka Sidonia no Kishi buatan Polygon Pictures juga kemarin), Boku Dake ga Inai Machi, dan Showa Genroku Rakugo Shinjuu (soalnya anime josei jarang, haha). Kalau kalian?

Sources :
COMMENT