Berita Jepang | Japanesestation.com

Hal favorit apa yang kalian suka tentang Jepang? Mungkin banyak dari kalian yang akan menjawab transportasi publik, makanan, musim, tempat wisata bahkan hingga budayanya ditambah rasa aman dan damai secara keseluruhan ketika berpergian ke Jepang. Jika kalian merasa lebih aman di Jepang daripada di tempat lain di dunia bahkan Indonesia, kalian tidak sendirian. Institute for Economics and Peace (IEP) menempatkan Jepang di peringkat sembilan di Global Peace Index tahun ini, dan nomor tiga di kawasan Asia Pasifik. Dan untuk peraih negara paling damai adalah Islandia yang merupakan tempat paling damai di dunia sejak 2008, yang kemudian diikuti oleh Selandia Baru, Portugis, dan Austria. 

GLOBAL PEACE INDEX 2020
GLOBAL PEACE INDEX 2020 (visionofhumanity.org)

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri menempati posisi ke 49 negara paling damai di dunia, dengan selisih 1 poin di bawah Korea selatan. Ini adalah edisi ke-14 Global Peace Index. Dan, dengan adanya pandemi COVID-19 yang mendadak, peringkat tahun ini memiliki faktor ekstra. Indeks Perdamaian Global memberi peringkat kepada 163 wilayah,  yang berarti sekitar 99,7 persen dari populasi dunia, berdasarkan tingkat kedamaian mereka di tiga aspek yang menjadi perhitunga, yaitu: 1) keselamatan dan keamanan masyarakat, 2) konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, dan 3) militerisasi.

Untuk tahun ini, virus corona ditambahkan ke kriteria; IEP yang juga mempertimbangkan bagaimana respons masing-masing daerah terhadap pandemi ini, di samping kemungkinan dampak pandemi tersebut pada apa yang IEP sebut 'perdamaian positif' dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan. Perdamaian positif ini mengacu pada sikap dan struktur sosial yang membantu mempertahankan masyarakat yang damai.

Berdasarkan peringkat tahun ini, IEP mengatakan tempat-tempat dengan kedamaian yang lebih tinggi pada umumnya lebih baik dalam beradaptasi dan menanggapi pandemi. Eespons Jepang terhadap pandemi, keadaan darurat dan melakukan penguncian negara yang ketat, mungkin salah satu faktor yang telah membantu menempatkan negara ini masuk dalam sepuluh besar. Jepang berada di urutan kesembilan pada Indeks Perdamaian Global tahun ini, di mana tahun lalu Jepang menempati posisi 11.

THE 1993
Illustrasi solo traveling ke Jepang ( www.the---1993.com )

Jadi untuk para kalian solo traveler atau traveler wanita tampaknya Jepang adalah salah satu negara yang wajib kalian kunjungi!