Share on

Jepang bisa menjadi pilihan bagi para perempuan untuk solo travel kali pertama.  Dengan reputasinya sebagai negara teraman di dunia, Jepang bisa dibilang negara paling ideal buat kamu para perempuan yang ingin mencoba jalan-jalan sendiri.

Advertise With Us

Nah, buat kalian para perempuan yang mau jalan-jalan sendiri di Jepang, biar makin nyaman, ayo simak tips-tips berikut:

1. Tetap Hati-Hati

Jepang memang dikenal sebagai negara teraman di dunia, tapi bukan berarti kamu jadi tak perlu memperhatikan keadaan. Jika ada kejadian kurang mengenakkan, ada yang memandangmu terus-menerus misalnya, tidak usah dihiraukan atau katakan dengan tegas pada orang tersebut agar tak memandangmu. Sebaiknya, kamu juga mencari tahu tentang kebudayaan di daerah yang akan dikunjungi, agar tidak melakukan sesuatu yang membuat warga setempat tersinggung.

2. Memilih Penginapan yang Memiliki Kamar Khusus Perempuan

Saat ini, banyak solo traveler yang memilih hotel kapsul sebagai tempat menginap saat di Jepang karena harganya yang relatif terjangkau. Hotel kapsul memang bisa menghemat biayamu, hanya saja, mayoritas solo traveler yang menginap di hotel kapsul adalah laki-laki. Tapi tidak perlu khawatir! Meskipun sedikit lebih mahal, Jepang memiliki beberapa hostel dengan kamar khusus untuk perempuan. Salah satunya, Centurion Ladies Hostel di Ueno.

3. Memilih Transportasi yang Tepat

Memilih transportasi di Jepang bukanlah hal sulit bagi yang menjalani solo travel. Dengan adanya kereta, kamu tidak perlu menyewa kendaraan seperti taksi dan semacamnya hanya untuk jalan-jalan sendirian. Bahkan, di beberapa daerah di jam tertentu, ada kereta khusus perempuan. Asyik, kan? Bus juga bisa jadi pilihan jika ingin jalan-jalan ke daerah yang tidak dilalui kereta. Jika ingin jalan-jalan di malam hari, kamu juga bisa mencari bus khusus perempuan.

4. Mencari Teman Baru

Nah, jika kamu ingin mencari teman baru di Jepang. Hostel tempatmu menginap atau restoran bisa menjadi alternatif. Selain itu, kamu juga bisa datang ke event-event tertentu yang digelar saat kamu datang. Jika ingin berkenalan dengan orang Jepang, ada baiknya sapalah mereka terlebih dahulu, karena meskipun mereka terlhat pemalu, sebenarnya mereka tertarik mengobrol dengan pendatang. Dengan tips di atas, kamu gak perlu khawatir lagi kan jadi solo traveler di Jepang?