Share on

Kondisi alam di Jepang sepertinya memang sedang tidak bersahabat. Setelah gempa bumi, hujan besar, banjir, dan gelombang panas, akhir pekan ini Jepang akan diserang topan. Menurut keterangan Badan Meteorologi Jepang, topan yang bergerak di atas Samudra Pasifik selatan Jepang akan mendekati dan sampai di pulau utama Honshu selama akhir pekan ini.

Advertise With Us

Pada pukul 9 pagi, Topan Jongdari melakukan perjalanan ke utara-barat laut dekat Pulau Okinotori dengan tekanan atmosfer 998 hektar di pusatnya dan kecepatan angin hingga 90 kilometer per jam.

Topan ke-12 musim ini timbul dari badai tropis sejak Rabu pagi dan diperkirakan akan menyerang serta mencapai perairan dekat Kepulauan Ogasawara pada hari Jumat dengan kecepatan angin lebih dari 108 kilometer per jam. Diperkirakan akan bergerak lebih jauh ke utara pada Sabtu pagi dengan kecepatan angin hingga 162 kilometer per jam di pusatnya.

Badan Meteorologi mengatakan area dalam radius 480 km bisa jatuh ke zona badai, dengan hembusan lebih dari 90 kilometer per jam. Angin topan tersebut mengikuti gelombang panas mematikan di Jepang dan bencana longsor dan banjir di daerah barat.

Beberapa festival kembang api yang identik dengan musim panas Jepang pun dibatalkan. Salah satu festival kembang api di Tachikawa, Tokyo telah mengumumkan pembatalannya sejak tanggal 26 kemarin.

(featured image: Macau Daily Times)