Share on

Japan Meteorological Agency (JMA) mengabarkan bahwa sebagian besar area Jepang akan kedatangan topan kuat Hagibis yang diperkirakan akan tiba pada akhir pekan ini. Pihak berwenang menghimbau para warga untuk bersiap-siap.

Advertise With Us

Badai ini sangat kuat, dan dapat melanda sebagian besar Jepang. Para warga dan yang tinggal di kawasan yang terkena topan sebelumnya dimohon untuk berhati-hati.” Menurut Badan Meteorologi Jepang.

Topan Hagibis Diperkirakan Akan Tiba di Jepang Hari Sabtu Ini
Perkiraan jalur Topan Hagibis (gambar: Japan Meteorological Agency)

Topan yang bernama Hagibis ini telah menjadi kuat, dan sedang menuju kepulauan Ogasawara pada Kamis pagi waktu setempat dan bergerak dengan kecepatan 20 km/jam. Dikatakan juga topan ini mendekati atau akan tiba di barat Jepang dan kemudian bergerak menuju timur laut Jepang pada tanggal 12 dan 13 Oktober, dan kemungkinan akan tiba di pulau utama Jepang Honshu.

Agensi mengatakan bahwa topan Hagibis ini akan menimbulkan kerusakan seperti yang ditimbulkan oleh topan yang terjadi bulan lalu di Chiba dan beberapa area lainnya. Tekanan atmosfir di pusat topan ini 915 hectopascals dan badai tropis membawa angin hingga 198 km/jam dekat pusatnya.

East Japan Railway Company mengatakan kemungkinan akan membatalkan beberapa perjalanan kereta akhir pekan ini saat topan menimpa area Tokyo pada hari Sabtu dan Minggu. Operator kereta juga mengatakan akan menggunakan media sosial dan websitenya untuk mengabarkan pembatalan perjalanan jika diperlukan.

 

Sumber: NHK, Mainichi